Tips Memilih Baju Bayi yang Nyaman

Orang tua yang memiliki bayi umumnya berusaha memberikan yang terbaik bagi anaknya, baik dari segi asupan gizi hingga pakaian. Asupan gizi bayi yang paling baik adalah ASI atau air susu ibu. Sedangkan pakaian bayi yang terdiri dari banyak sekali model dan jenis seringkali membuat para orang tua yang baru memiliki bayi merasa kebingungan dalam menentukan pakaian yang paling tepat bagi bayinya. Salah memilih pakaian dapat mengakibatkan bayi tidak merasa nyaman, imbasnya bayi akan merasa rewel dan menangis. Oleh sebab itu, memilihkan pakaian bayi yang terbaik merupakan langkah yang harus diambil oleh setiap orang tua. Berikut ini adalah beberapa tips memilih baju bayi yang aman dan nyaman.

Baca juga: Memilih Bahan Baju Bayi

Memilih Baju Berbahan Lembut

Kulit bayi sangat sensitif terhadap pakaian yang berbahan kasar. Jika dipaksakan memakai pakaian yang berbahan kasar, kulit bayi dapat berakibat kemerahan yang disebabkan oleh gesekan antara kulit bayi dengan bahan pakaian yang kasar tersebut. Pilihlah baju bayi yang bahannya lembut. Selain bagus untuk kulit bayi, baju berbahan lembut juga dapat menjaga suhu tubuh bayi dan menghangatkan bayi, sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

Menghindari Baju dengan Ornamen dan Resleting

Sebaiknya, orang tua memilih baju yang desainnya polos untuk bayinya, dengan kata lain baju tersebut tidak difasilitasi dengan berbagai ornamen atau aksesoris yang berpotensi membuat bayi merasa tidak nyaman, misalnya pakaian yang difasilitasi dengan karet tangan yang dapat mencekik pergelangan tangan bayi, atau pakaian yang difasilitasi dengan aksesoris yang dapat mengganjal tubuh bayi ketika tidur, sehingga bayi merasa risih.

Selain aksesoris dan ornamen, salah satu jalan pintas yang dipilih orang tua agar mudah memakaikan pakaian bayi adalah dengan memilih pakaian yang difasilitasi dengan resleting. Memakaikan pakaian bermodel kaos pada bayi memang relatif lebih sulit dibandingkan dengan pakaian yang difasilitasi dengan kancing depan atau resleting. Daripada memakaikan bayi dengan resleting atau kancing besi, sebaiknya orang tua memilih pakaian yang difasilitasi dengan tali depan, sehingga akan lebih mudah bagi orang tua dan lebih nyaman bagi bayi.

Perhatikan Ukuran Baju

Ukuran baju bayi juga sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Bayi yang berusia di bawah enam bulan umumnya akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Oleh sebab itu sebaiknya orang tua memilihkan pakaian yang ukurannya sedikit lebih longgar dari ukuran tubuh bayi. Jangan memilihkan pakaian yang ukurannya ngepres atau pas di tubuh bayi, sebab akan membatasi gerakan bayi. Jangan pula memilihkan pakaian bayi yang ukurannya lebih besar, sebab jika memakai pakaian yang longgar, tangan bayi akan mudah tertekuk atau terlilit, bayi juga cenderung risih dan tidak merasa nyaman jika dipakaikan baju yang lebih besar.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Baju Bayi yang Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*