Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman dan Nyaman

Memandikan bayi barangkali merupakan sebuah tantangan bagi sebagian besar orang tua. Tidak semua orang tua mampu memandikan bayinya sendiri, dan lebih sering menggunakan jasa pembantu atau meminta bantuan orang tua yang sudah lebih pengalaman dalam memandikan bayi dan merawat bayi. Ketika akan dimandikan, biasanya bayi akan lebih rewel. Dinginnya air dan bayi yang terbiasa berada dalam lingkungan yang hangat memang membuat bayi rentang merengek bahkan menangis ketika dimandikan. Selain itu, banyak sekali bayi yang menjadi lebih aktif ketika dimandikan, terus bergerak sehingga menyulitkan orang tua yang akan memandikannya. Salah satu siasat yang diterapkan oleh para orang tua agar membatasi ruang gerak bayi ketika dimandikan adalah memandikan bayi di dalam bak mandi. Selain lebih memudahkan, memandikan bayi di dalam bak mandi akan lebih nyaman bagi bayi, sebab umumnya bak mandi bayi didesain sesuai dengan kebutuhan bayi. Berikut ini adalah beberapa tips memilih bak mandi yang aman dan nyaman bagi bayi.

Bahan yang Ringan dan Kuat

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih bak mandi yang aman adalah dengan mempertimbangkan bahannya. Kebanyakan, bak mandi bayi terbuat dari bahan plastik yang ringan. Namun, banyak sekali bahan plastik yang sangat rapuh dan mudah pecah, sehingga akan membahayakan bayi, sebab umumnya bayi suka bersandar pada bak ketika dimandikan. Pilihlah bak mandi berbahan plastik yang kuat dan tebal, tidak mudah rapuh dan tepiannya tidak tajam. Pilihlah bak mandi yang catnya tidak mudah luntur, sebab cat yang luntur akan berbahaya bagi kulit bayi dan dapat menyebabkan alergi kulit. Salah satu jenis bahan bak mandi yang cukup aman dan kokoh adalah polypropylene plastic.

Saat ini, semakin banyak jenis bak mandi khusus bayi yang dibuat dengan bahan yang lebih nyaman, misalnya bak mandi yang diproduksi dari karet, sebagaimana bahan pada balon udara. Bak bayi dari karet ini menawarkan kelembutan dan sangat empuk, sehingga bayi dapat merasa nyaman.

Alas yang Anti Slip

Selain bahan yang kuat, usahakan memilih bak mandi dengan alas atau bagian kaki yang didesain anti slip. Sebab biasanya, bak mandi akan diletakkan di kamar mandi yang sangat licin, sehingga jika bayi aktif bergerak di dalam bak mandi. Pilihlah bak mandi yang dilapisi dengan karet anti slip di bagian kakinya agar aman bagi bayi dan agar bak mandi tidak mudah bergeser.

Bak Mandi dengan Model Oval

Bentuk bak mandi bayi yang sangat aman adalah bak mandi yang bermodel oval atau lonjong, bukan bak mandi yang berbentuk persegi. Dengan memilih bak mandi oval, semua tubuh bayi akan bisa tertampung. Selain itu, desain yang oval akan membuat bak mandi tersebut tidak memiliki sudut-sudut yang tajam yang bisa saja menggores kulit dan membahayakan bayi.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*