Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman

Memandikan bayi merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan orang tua kepada bayinya. Salah satu alat untuk membantu orang tua ketika memandikan bayi adalah bak mandi. Bak mandi untuk bayi biasanya diproduksi dengan model persegi panjang, dilengkapi dengan tempat sabun dan pegangan di sisi-sisinya. Tidak jarang, ada pula bak mandi khusus bayi yang difasilitasi dengan dudukan bokong dan sandaran punggung yang nyaman agar bayi bisa duduk dengan nyaman ketika sedang dimandikan. Namun, tidak semua bak mandi cukup aman untuk bayi. Banyak sekali jenis dan model bak mandi yang justru berbahaya bagi bayi, sehingga orang tua harus teliti ketika akan mencarikan bak mandi untuk bayinya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih bak mandi bayi yang aman, baik untuk bayi maupun untuk orang tua yang memandikan.

  1. Cari Bak Mandi yang Bahannya Tebal dan Anti Pecah

Banyak sekali jenis dan model bak mandi untuk bayi yang dijual bebas di pasaran. Namun, tidak semua bak mandi tersebut berkualitas bagus. Pilihlah bak mandi bayi yang terbuat dari bahan tebal, minimal tebal bahannya 40 ml. Jika perlu, pilihlah bak mandi yang didesain anti pecah, sehingga selain lebih aman digunakan ketika mandi, bak bayi tersebut juga akan lebih awet. Ingat, jangan membeli bak mandi yang tipis, sebab jika bak mandi tersebut pecah ketika digunakan, justru akan membahayakan keamanan si bayi.

  1. Hindari Bak Mandi yang Warnanya Mudah Luntur

Bak mandi untuk bayi biasanya diproduksi dengan desain yang berwarna-warni untuk menarik perhatian si bayi. Bayi memang mudah tertarik dengan benda yang berwarna-warni. Namun ketika memilih bak mandi untuk bayi, yang harus diutamakan bukanlah warna dari bak tersebut, melainkan kualitas pewarnaannya. Pastikan bahwa warna bak mandi tersebut tidak mudah luntur, terutama jika dituang dengan air hangat, sebab air untuk mandi bayi umumnya adalah air hangat.

Jika warna bak mandi tersbut luntur, maka akan membahayakan si bayi, terutama karena kulit bayi sangat sensitif, sehingga bayi bisa terkena iritas. Sebab umumnya, bahan pewarna pecah pelah seperti bak mandi untuk bayi dicampur dengan bahan kimia, yang tentu tidak baik bagi kulit bayi jika luntur dan tercampur air.

  1. Jangan Beli Bak Mandi dengan Desain Menyiku atau Tajam

Salah satu alasan mengapa bak mandi didesain oval dan tidak didesain menyiku adalah demi keamanan si bayi itu sendiri. Bak mandi yang desainnya menyiku atau bahkan ada beberapa bagian yang tajam, akan sangat berbahaya bagi bayi. Pilihlah bak mandi yang desainnya aman, perhatikan apakah pada bak tersebut terdapat bagian yang tajam dan berbahaya atau tidak.

Itulah beberapa tips memilih bak mandi bayi yang aman dan nyaman. Carilah bak mandi yang desainnya nyaman agar si bayi tetap tenang ketika dimandikan.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*