Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Tepat

Mandi merupakan salah satu aktfitas untuk melindungi tubuh dan membersihkan tubuh dari kuman. Aktifitas inilah yang harus diperhatikan orangtua secara seksama, salah satunya adalah dengan menyiapkan beragam perlengkapan untuk mandi, yaitu handuk, sabun mandi, shampo, dan tentunya bak mandi bayi

Bak mandi bayi tentunya berbeda dan memang didesain khusus sesuai dengan anatomi tubuh bayi serta tingkat keamanannya. Tak hanya itu, bak mandi pun harus dipilih yang bisa memberikan kenyamanan bayi ketika mandi. Oleh karena itu, sebelum membeli bak mandi untuk bayi, perlu diketahui terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

Bahan Bak Mandi

Bahan bak mandi untuk bayi sebaiknya berasal dari bahan plastik, selain bobotnya yang ringan sehingga mudah diangkat dan disimpan, bahan plastik juga lebih aman untuk dgunakan. Sebaiknya bahan bak mandi pilih yang berjenis polypropylene sehingga aman dan awet meski terkena air panas berulang kali dan bak mandi pun tidak mudah rusak atau melengkung, karena setiap kali memandikan bayi tentunya seringkali menggunakan air panas yang dicampur dengan air dingin untuk mendapatkan air bersuhu hangat yang tepat.

Bentuk Bak Mandi

Selain bahan bak mandi, bentuk bak mandi pun perlu diperhatikan, terutama pada bagian kaki bak mandi. Pilih bak mandi dengan kaki berbahan karet, hal ini untuk menghindari bak mandi bergeser saat memandikan bayi karena kondisi lantai kamar mandi yang licin serta becek. Kenapa harus memilih kaki bak yang berbahan karet? Hal ini untuk menghindari selip karena karet merupakan bahan yang kesat dan tidak licin.

Baca juga: Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman dan Nyaman

Permukaan Bak Mandi

Pastikan permukaan bak mandi halus dan tidak kasar agar tidak menggores kulit bayi yang masih halus dan sensitif ketika dimandikan. Perhatikan pula apakah tekstur permukaan bak mandi licin ataukah tidak, hindari membeli bak mandi yang memiliki permukaan licin karena dapat membuat bayi tergelincir.

Mandi memang bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk anak, namun adakalanya mandi juga menjadi aktifitas yang dihindari bayi dan sering membuat bayi menangis. Oleh karena itu ibu tentunya seringkali menyiapkan berbagai cara agar bayi betah ketika dimandikan, salah satunya adalah dengan menggunakan mainan untuk teman bermain saat mandi.

Apabila ingin memilih mainan untuk teman mandi anak, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan plastik serta bisa menyerap air dan memiliki bobot yang ringan. Mainan dari bahan karet juga dapat menjadi pilihan karena bahan karena tidak memiliki rongga yang bisa menghisap air.

Itulah beragam tips yang bisa dijadikan rujukan saat memilih bak mandi untuk bayi, sekarang memang banyak model serta jenis bak mandi bayi, dari yang sederhana hingga cukup mewah. Meski begitu, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran yang ada sehingga tetap bisa mendapatkan bak mandi untuk bayi yang berkualitas namun dengan harga yang ramah di kantong.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*