Tips Memilih Bak Mandi Bayi

Salah satu perlengkapan mandi bayi yang perlu dipersiapakan adalah bak mandi untuk bayi. Kenapa bak mandi bayi perlu disediakan khusus? Hal ini tentunya berkaitan dengan tubuh bayi yang kecil sehingga harus menyesuaikan dengan bak mandinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih bak mandi untuk bayi, yaitu sebagai berikut:

Bahan Bak Mandi

Saat ini beragam bahan bak mandi tersedia di pasaran. Para orangtua harus cerman ketika memilih bak mandi yang tepat, aman dan nyaman untuk bayi. Bahan bak mandi sebaiknya dibuat dari plastik yang kuat namun ringan, sehingga tidak mudah melengkung atau pecah namun mudah dipindahkan serta disimpan. Pilih bahan bak mandi yang tidak beracun sehingga aman digunakan bayi, bahan yang aman misalnya polypropylene plastic. Selain dari bahan plastik, saat ini pun tersedia bak mandi untuk bayi yang terbuat dari bahan plastik balon yang dipompa sehingga lebih empuk ketika digunakan.

Bentuk Bak Mandi

Pilih bak mandi untuk bayi yang kuat, misalnya pada bagian kaki bak mandi terbuat dari karet atau bahan anti selip sehingga tidak licin dan tidak mudah bergeser. Pilih bak mandi yang tidak memiliki sudut yang tajam karena akan berbahaya bagi bayi, selain itu perhatikan pula permukaan bak mandi, pilih yang halus dan tidak kasar sehingga tidak menggores kulit bayi. Jangan pula memilih permukaan yang licin karena akan membuat bayi tergelincir.

Ukuran Bak Mandi

Biasanya ukuran bak mandi untuk bayi memang standar, namun hal ini tetap harus diperhatikan, karena ada juga bak mandi yang bisa digunakan hingga bayi berusia dua tahun sehingga lebih hemat. Oleh karena itu, pemilihan ukuran bak mandi sangatlah penting. Bak mandi yang ukurannya terlalu besar tentunya akan berbahaya bagi bayi karena bayi bisa tenggelam jika ibu tidak berhati-hati saat memandikannya. Selain itu, bak mandi untuk bayi juga jangan terlalu kecil karena bayi tidak akan bisa bergerak bebas sehingga bayi akan merasa tidak nyaman ketika dimandikan, hal ini tentunya akan berpengaruh pada bunda yang juga akan merasa tidak nyaman saat memandikan si kecil. Selain itu, bak mandi yang terllau kecil akan membuat gerak ibu saat memandikan menjadi terbatas.

Sesuaikan Budget

Para orangtua tentunya sudah mengalokasikan dana khusus untuk membeli keperluan si kecil, oleh karena itu, dalam membeli perlengkapan si kecil, termasuk bak mandi bayi harus pula disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Apabila budget yang tersedia terbatas, cukup membeli bak mandi yang biasa saja yang terpenting aman digunakan bayi. Namun, apabila memiliki budget atau dana lebih, tak ada salahnya jika ingin membeli bak mandi yang memiliki beragam fitur seperti tempat duduk khusus, mainan bayi, pengukur suhu air, dan lain sebagainya.

Itulah  beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli bak mandi bayi. Meski begitu, jangan lupa untuk membersihkan bak mandi secara rutin agar terhindarkan dari kuman yang berbahaya bagi tubuh bayi.

Be the first to comment on "Tips Memilih Bak Mandi Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*