Tips Memilih Boneka Bayi untuk Anak Laki-laki

Salah satu tahapan penting dalam perkembangan bayi adalah ketika bayi mulai bisa bermain-main dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya. Adalah suatu hal yang wajar ketika bayi menjangkau berbagai benda yang berada di sekitarnya yang menarik perhatiannya, sebab bayi menganggap bahwa semua benda adalah mainan, sehingga bisa mereka mainkan. Ketika bayi sudah berada dalam fase ini, orang tua wajib memberikan mainan yang tepat bagi bayinya, sebab memberikan mainan yang tepat akan membantu si bayi agar tumbuh dan berkembang dengan maksimal, terutama terkait dengan sistem motorik otaknya. Salah satu jenis mainan bayi yang aman diberikan kepada bayi adalah boneka. Bahan boneka yang relatif lebih aman, lembut, dan ringan membuat boneka akan lebih mudah disenangi oleh bayi. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa, kegemaran terhadap boneka tidak hanya dimonopoli bayi perempuan, bayi lelaki pun sangat menyukai boneka. Berikut ini akan dibahas beberapa tips memilih boneka bayi yang aman untuk anak laki-laki.

Baca juga: Tips Memilih Boneka Bayi yang Aman

Hindari Boneka dengan Desain atau Dandanan yang Feminim

Salah satu pertimbangan utama ketika akan membelikan boneka kepada bayi berjenis kelamin laki-laki adalah, orang tua harus menghindari memberikan boneka dengan desain atau dandanan yang feminim. Misalnya, boneka dengan karakter tokoh kartun atau anime wanita, boneka berjenis kelamin perempuan, dan boneka-boneka binatang yang memberikan kesan feminim, seperti babi atau panda. Boneka yang memakai pakaian yang identik dengan pakaian perempuan seperti rok, hijab, atau daster, juga harus dihindari.

Memilih Boneka dengan Karakter yang Maskulin

Pilihlah boneka dengan karakter yang maskulin, misalnya beruang, tokoh-tokoh kartun laki-laki, berbagai binatang lain seperti singa, macan, dll. Akan lebih baik jika orang tua memberikan boneka dengan karakter dan pakaian laki-laki, misalnya yang mengenakan celana pendek dan kaos atau kemeja semabagaimana layaknya laki-laki. Anak bayi dapat mengenali karakter dirinya melalui boneka yang dimainkannya.

Pertimbangkan Ukuran dan Bahan Boneka

Ukuran dan bahan boneka juga harus dipertimbangkan oleh orang tua yang ingin memberikan boneka kepada bayi laki-lakinya. Jangan memberikan boneka yang ukurannya lebih besar dari tubuh bayi, sebab bayi akan merasa kesulitan memainkannya bahkan akan merasa takut jika melihat boneka tersebut. Maksimal, ukuran boneka tidak lebih dari tiga perempat ukuran tubuh si bayi. Sementara untuk bahan, pilihkanlah boneka berbahan lembut, ringan, dan bahannya tidak mudah terlepas.

Selalu Dampingi Bayi Ketika Bermain Boneka

Agar anak bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan medium boneka yang dimainkannya, orang tua hendaknya selalu mendampingi bayi ketika bermain boneka. Berilah pengertian tentang karakter boneka bayi tersebut, berikanlah pula pesan moral dalam cerita atau dongeng ketika bayi sedang memainkan boneka, sehingga sistem motorik bayi akan lebih peka untuk mengenali karakter benda-benda yang ada di sekitarnya, terutama benda yang dimainkannya.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Boneka Bayi untuk Anak Laki-laki"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*