Tips Memilih Boneka Bayi untuk Kado

Ingin memberikan bayi untuk anak teman atau anak saudara yang masih berusia di bawah satu tahun? Bisa memilih boneka bayi untuk hadiah. Akan tetapi untuk boneka ini tentunya tidak sembarangan, akan tetapi pilih yang sesuai, dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli hadiah boneka untuk hadiah bayi:

  1. Usia

Perhatikan usia bayi, idealnya, bayi yang diberikan hadiah boneka adalah mereka yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Kenapa? Hal ini dikarenakan bayi dengan usia 6 bulan ke atas sudah dapat berinteraksi dengan orang lain, selain itu juga bisa memahami apabila diberikan mainan-mainan tertentu. Apabila bayi masih berusia di bawah 3 bulan, sebaiknya jangan berikan hadiah boneka bayi, akan tetapi bisa dipilihkan hadiah lainnya, seperti baju atau sarung tangan dan sarung kaki.

  1. Bahan

Bahan material boneka pun harus diperhatikan, jangan sampai bahan yang digunakan berbahaya bagi bayi. Misalnya, jangan pilihkan boneka dengan bahan berbulu, karena apabila bahan bulu ini rontok dan masuk ke saluran pernafasan bayi tentunya akan membahayakan. Jangan pula memberikan boneka dari bahan plastik, meskipun plastik adalah bahan yang ringan, akan tetapi ia memiliki tekstur yang keras, dan terkadang ada beberapa bagian dari boneka yang teksturnya lancip sehingga bisa melukai bayi apabila tidak diawasi dengan benar. Lebih baik pilihkan boneka yang terbuat dari bahan kain dan di dalamnya berisi dakron yang empuk sehingga nyaman ketika dipegang serta dipeluk bayi. Jangan pula memilih boneka yang memiliki beragam pernak-pernik, karena apabila tidak diawasi, pernak-pernik yang tertempel pada boneka, seperti kancing-kancing kecil bisa dimasukkan bayi ke dalam mulut dan itu sangatlah berbahaya.

  1. Ukuran

Ukuran boneka juga harus diperhatikan, anak bayi tentunya memiliki ukuran badan yang masih kecil, oleh karena itu boneka yang diberikan pun jangan yang lebih besar dari badannya, karena apabila boneka terlalu besar jika dibandingkan dengan badan, maka bisa menyebabkan anak tertindih boneka saat bermain. Hal ini tentunya tak diinginkan oleh para orangtua.

  1. Warna

Pilih warna yang menyala, selain menarik perhatian bayi, warna yang cerah juga bisa menjadi stimulus terhadap penglihatan bayi. Dengan begitu, kontak mata bayi akan mengalami perkembangan karena sering melihat warna-warna yang cerah.

Memberikan kado untuk bayi berupa boneka memang sebuah ide yang menarik, akan tetapi perlu juga dipilih yang benar-benar cocok untuk bayi. Bayi tentunya memiliki kemampuan yang masih terbatas, sehingga kemampuannya untuk bermain dengan boneka bayi juga terbatas. Oleh karena itu, pilihkan boneka yang sesuai, yang tak hanya bisa digunakan untuk bermain, namun juga bisa digunakan untuk menstimulasi perkembangan motorik dan sensorik bayi.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Boneka Bayi untuk Kado"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*