Tips Memilih Boneka Bayi yang Aman

Ketika bayi mulai tumbuh dan berkembang, bayi cenderung suka memainkan apa saja benda-benda yang ada di sekitarnya. Salah satu jenis mainan bayi yang paling aman diberikan pada bayi adalah boneka. Bahan boneka yang cenderung empuk dan lembut, tidak memiliki bagian yang tajam, dan relatif aman kalaupun jatuh dan dibanting-banting, membuat boneka merupakan pilihan yang tepat bagi bayi untuk dimainkan. Selain itu, boneka juga memiliki macam-macam bentuk, mulai dari bentuk binatang, tokoh-tokoh superhero atau kartun, dan berbagai bentuk lainnya yang tentu lucu dan menarik perhatian bayi. Namun meskipun cenderung aman, orang tua tetap harus cermat dan selektif dalam memilihkan boneka untuk bayinya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih boneka bayi yang aman dan tepat.

Memilih Boneka yang Tidak Terlalu Besar

Seringkali, orang tua membelikan boneka yang ukurannya sangat besar, sehingga tidak hanya sulit diangkat dan dimainkan bayi, namun juga berpotensi membuat bayi takut karena melihat boneka yang terlalu besar. Boneka bayi yang terlalu besar juga dikhawatirkan dapat menindih bayi, apalagi jika bobotnya lebih berat dari tubuh bayi. Pilihlah boneka yang ukurannya proporsional, yaitu separuh ukuran tubuh bayi, dengan bobot tidak lebih dari setengah kilogram.

Memilih Boneka yang Warnanya Cerah dan Berwarna-warni

Bayi menyukai sesuatu yang berwarna cerah dan berwarna-warni. Oleh sebab itu, memilih boneka yang warnanya cerah dan berwarna-warni sangat dianjurkan untuk merangsang perkembangan otak bayi dan menarik perhatian bayi.

Perhatikan Bahan Boneka

Boneka diproduksi dari berbagai bahan, terutama bahan yang lembut dan relatif ringan. Namun, banyak juga bahan boneka yang gampang lepas dan perotol, sehingga berbahaya jika perotolan boneka atau bahan yang mudah terlepas tersebut dimakan oleh bayi, sebab bayi memang cenderung mencoba memakan apa saja benda-benda yang dapat ditelannya dan menganggap bahwa semua benda dapat dimakan. Selain bahan yang mudah lepas, hindari juga boneka yang memiliki aksesoris seperti kalung, gelang, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Selain aksesoris boneka sangat mudah dilepas, aksesoris tersebut juga berpotensi membahayakan bayi karena bahannya yang tajam.

Memilih Boneka Sesuai Jenis Kelamin Bayi

Sebagaimana dijelaskan di awal, boneka untuk bayi bermacam-macam jenis dan bentuknya. Masing-masing jenis dan bentuk boneka disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Ada boneka yang cocok dimainkan oleh perempuan, ada pula boneka yang cocok dimainkan oleh bayi laki-laki. Oleh sebab itu, pilihlah boneka bayi yang sesuai dengan jenis kelamin si bayi. Untuk anak laki-laki, bentuk boneka yang cocok dimainkan adalah adalah boneka binatang seperti kera, singa, macan, dan berbagai boneka dengan bentuk tokoh kartun laki-laki atau superhero. Sementara untuk bayi perempuan, boneka yang cocok adalah boneka yang feminim, yang warnanya merah muda atau putih, misalnya boneka panda dan boneka barbie.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Boneka Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*