Tips Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Ibu Dan Bayi

Memberikan ASI eksklusif untuk bayi merupakan harapan semua ibu. Seperti kita ketahui banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dan didapatkan jika bayi diberi ASI, selain itu manfaatnya akan terasa oleh ibu itu sendiri. Agar proses menyusui berjalan lancar, jangan lupa mempersiapkan bra khusus untuk ibu menyusui.

Menggunakan bra khusus menyusui membantu proses laktasi yang nyaman, hal ini dikarenakan bra didesain berbeda dengan bra biasa. Ciri bra khusus ibu menyusui adalah bagian cup yang terbuka. Ibu dapat membuka atau menutup cup sehingga lebih memudahkan bayi untuk menyusu.

Baca juga: Posisi Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Bayi Dan Ibu

Selain itu bra ini lebih memudahkan memberikan ASI tanpa harus menumpahan payudara ibu. Memilih bra khusus menyusui harus disesuaikan dengan ukuran payudara yang akan berubah drasatis setelah melahirkan. Biasanya ukuran payudara akan sedikit mengecil atau turun setelah dua minggu habis melahirkan.

Ada model bra menyusui yang memiliki beberapa kait pada bagian belakang, fungsi kaitan tersebut adalah untuk menyesuaikan perubahan ukuran payudara dan ekspansi pada tulang rusuk selama kehamilan.

Lalu bagaiman jika membeli bra menyusui melalui toko online? Agar tidak salah beli ikuti petunjuk penjual untuk mengukur ukuran payudara yang benar.  Untuk lebihjelasnya berikut tips memilih bra untuk menyusui yang tepat.

Flaps Yang Mudah Dibuka Dan Ditutup Dengan Satu Tangan

Pastikan bra memiliki flaps yang mudah dibuka ditutup walaupun hanya menggunakan satu tangan. karena pada waktu akan menyusui posisi bayi biasanya berada dilengan satunya untuk menyangga bayi. Sedangkan bagi Anda yang akan berpergian bisa gunakan bra yang cup-nya bisa dibuka agar memudahkan saat memberikan ASI.

Pilih Ukuran Bra Yang Pas

Bra yang baik adalah yang mendukung buah dada. Hal ini selain membuat ibu lebih nyaman juga membuat bayi lebih nyaman. Hindari memilih bra yang terlalu ketat dan yang terlalu longgar. Jika terlalu sempit dapat mengganggu proses menyusui.

Saat Minggu Awal Hindari Menggunakan Bra Underwires

Pada saat minggu pertawa kelahiran, sebaiknya hindari menggunakan bra underwire karena jaringan penghasil susu dapat meluas dan kembali ke tulang rusuk dan ketiak. Bra underwire membuat tidak nyaman dipakai selama kehamilan dan seminggu awal melahirkan.

Pilih Bahan Cup Yang Mudah Menyerap Keringat

Cup bra harus terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Sehingga membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Apalagi kadang ASi keluar sendiri karena terlalu penuh dsb. Hindari memilih bra yang cup-nya terbuat dari lapisan plastik.

Siapkan Bra Selama Menyusui

Pada waktu Anda menyusui siapkan persediaan bra sesuai dengan kebutuhan. Setaidanya beri minimal 3 buah bra. Jadi tidak perlu khawatir jika salah satu bra dicuci.

Demikian informasi mengenai tips memilih bra untuk ibu menyusui yang nyaman dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui Yang Nyaman Untuk Ibu Dan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*