Tips Memilih Car Seat Bayi yang Aman dan Nyaman

Sebagai orang tua, melihat bayi sudah mulai tumbuh, tentu timbul keinginan untuk mengajaknya jalan-jalan. Meski bayi belum bisa berjalan sekalipun, ketika bayi sudah mulai bisa duduk tegap, banyak sekali orang tua yang membawa bayinya baik mobil, bahkan ke tempat yang relatif jauh. Namun, ketika membawa bayinya di dalam mobil, tidak jarang orang tua harus memangku bayinya terus-menerus sepanjang perjalanan. Hal ini tentu akan membuat bayi tidak terlalu nyeman, sekaligus juga membuat orang tua lelah dan tidak bisa leluasa bergerak. oleh sebab itu, membawa car seat atau dudukan mobil khusus bayi sangat dianjurkan agar bayi dan orang tua sama-sama merasa nyaman selama perjalanan dengan mobil tersebut. Namun, tidak semua car seat aman dan nyaman bagi bayi. Berikut ini adalah beberapa tips memilih car seat bayi terbaik yang aman dan nyaman.

Menyesuaikan dengan Umur

Ketika memilih car seat bayi, orang tua harus mempertimbangkan usia bayi. Sesuaikanlah car seat dengan usia bayi, sebab car seat diproduksi dengan berbagai ukuran. Car seat yang paling ideal adalah diperuntukkan untuk anak di bawah usia dua tahun. Anak yang berusia tiga tahun biasanya sudah lebih aktif bergerak sehingga tidak nyaman lagi ketika harus duduk di car seat di dalam lindungan sabuk pengaman.

Meletakkan di Belakang Kursi Supir

Selain ukuran, peletakan car seat di kursi mobil juga harus diperhatikan. Hindari meletakkan car seat di kursi depan, sebab akan mengganggu kenerja supir. Sebaiknya, letakkanlah car seat di belakang kursi supir, selain lebih aman dari guncangan, supir biasanya akan berkendara sesuai dengan standar keamanan dirinya sendiri, kubangan atau lubang jalan yang dihindari adalah di sisi di mana supir duduk. Sehingga mendudukkan bayi dengan car seatnya di belakang kursi supir akan jauh lebih aman.

Mempertimbangkan Bentuk dan Jenis Car Seat

Car seat diproduksi dengan berbagai jenis adn bentuknya, yang disesuaikan dengan usia atau ukuran badan masing-masing bayi. Untuk bayi di bawah dua tahun, sebaiknya menggunakan rear racing, yaitu car seat yang diletakkan dengan posisi berhadapan dengan kursi mobil, sehinga dengan menggunakan car seat model ini si bayi akan cenderung aman kalaupun banyak bergerak ke depan dan ke belakang. Bagi bayi yang berusia sekitar 2-4 tahun, sebaiknya menggunakan car seat jenis forward-facing seat, yang akan melindungi bayi yang relatif mulai lebih aktif dalam bergerak. Sementara untuk bayi di atas usia 4 tahun dan di bawah 6 tahun, disarankan menggunakan car seat model booster, yaitu car seat yang secara posisi sama dengan kursi mobil, namun didesain lebih nyaman dengan bahan yang jauh lebih lembut.

Itulah beberapa tips memilih car seat bayi yang aman dan nyaman. Selain jenis dan bentuknya, pertimbangkan pula bahan car seat tersebut. Carilah bahan yang lembut dan tidak mudah kempes ketika diduduki sehingga selain membuat bayi aman, car seat akan lebih tahan lama.

Be the first to comment on "Tips Memilih Car Seat Bayi yang Aman dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*