Tips Memilih Cemilan Makanan Bayi

Bayi yang berumur 6 bulan ke atas sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI. Selain makanan utama berupa pure atau bubur bayi, ada pula makanan bayi yang berupa cemilan

Ada beragam jenis cemilan untuk bayi, oleh karena itu, orangtua harus selektif, hal ini karena makanan tersebut masuk ke dalam tubuh bayi. Dan berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk memilih cemilan untuk bayi:

Baca juga: Tips Memilih Makanan Bayi untuk Cemilan

  1. Merencanakan Cemilan

Rencanakan cemilan yang akan diberikan pada bayi, bukan hanya cemilan yang sehat, namun juga cemilan yang disukai anak sehingga bisa dinikmatinya. Jika memiliki rencana untuk memberi cemilan pada bayi, maka perhatikan pula gizi serta nutrisi yang ada dalam cemilan.

  1. Memilih Cemilan

Apabila memilih makanan bayi untuk cemilan, sebaiknya pilih cemilan yang terbuat dari bahan dasar alami. Jangan memberikan minuman ringan atau bersoda, sebaiknya berikan jus yang dibuat sendiri oleh ibu. Buah memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan anak, tak hanya itu, ibu juga bisa memberikan yoghurt sehingga kebutuhan kalsium pada tubuh anak bisa dipenuhi. Jangan memberi cemilan yang mempunyai kandungan gula yang berlebihan dikarenakan makanan yang mengandung gula berlebih bisa merusak gigi. Jangan pula memberi makanan yang mengandung lemak tinggi serta makanan yang mengandung pewarna serta perasa buatan karena berbahaya bagi tubuh bayi.

  1. Libatkan Anak

Ketika memilih cemilan, sebisa mungkin ajak anak untuk ikut memilih. Tanyakan pada anak cemilan seperti apa yang disukai sehingga anak akan lebih lahap memakannya sehingga tidak mubadzir dan tidak bersisa.

  1. Cemilan Bergizi

Memberikan cemilan untuk balita yang sedang menjalani MPASI haruslah cemilan yang sehat, bukan hanya dari bahannya saja, akan tetapi juga dari cara pengolahan sayurannya, dan buah-buahan yang disukai anak. Agar anak suka, cemilan harus disajikan dengan menarik agar buah hati tertarik untuk memakannya. Oleh karena itu, orangtua harus cerdik serta pintar ketika mengolah dan memasak cemilan termasuk ketika membuat cemilan sendiri di rumah. Cemilan yang diberikan juga harus memiliki gizi seimbang, sehingga tidak ada salahnya jika mendiskusikannya atau bertanya pada ahli gizi.

Cemilan memang makanan penunjang saja dan bukan makanan utama, namun dalam memberikan cemilan ini pun harus tetap diperhatikan dikarenakan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangannya. Oleh sebab itu, makanan bayi berupa cemilan memang sebaiknya dibuat sendiri jika dibandingkan dibeli di toko karena akan lebih terjamin gizinya serta lebih aman untuk kesehatan bayi karena lebih bersih dan lebih higienis serta ibu juga bisa memantau bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh buah hati.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Cemilan Makanan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*