Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

Menjadi orang tua bukanlah perkara yang gampang, banyak hal yang perlu difikirkan dan dipersiapkan dengan baik demi tumbuh kembang yang sehat untuk si buah hati. Termasuk dalam hal memilih  mainan bayi. Biasanya bayi cenderung memasukkan mainannya ke dalam mulut sebagai bentuk eksplorasi, namun hal itu membuat bayi rentan tersedak oleh mainanya. Berikut adalah tips memilih mainan bayi yang aman yang bisa anda ikuti:

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

  • Pilih mainan sesuai usia bayi

Jangan pernah membeli mainan hanya karena terlihat lucu dan menggemaskan ataupun sedang diskon, namun pilihlah mainan yang sesuai dengan usia si kecil. Tak semua produk mainan melampirkan batas usia yang boleh memainkan, jadi sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu hal ini kepada karyawan toko.

Jangan memberikan balon kepada bayi karena ada resiko bayi tersedak besar. Balon yang tertelan dalam mulut bayi akan menghambat proses pernafasan si anak.

Untuk mengetahui mainan apa yang cocok untuk anak, tak ada salahnya anda bertanya atau bertukar pikiran kepada sesama orang tua untuk berbagi informasi.

  • Mainan bayi harus besar

Pastikan anda memberikan mainan yang ukuranya lebih besar dari mulutnya untuk menghindari tertelan. Hindari mainan-mainan yang berbentuk bola atau koin. Pastikan juga mainan anak tidak terlalu berat, karena jika terlalu berat bisa saja meniban dan melukai tubuh anak. Carilah mainan yang ringan tapi cukup kokoh.

  • Pastikan bahan mainan anak aman

Sebaiknya anda memilih mainan bayi yang mudah dicuci dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti bahan kimia karena bayi cenderung sering memasukkan mainan ke dalam mulut.

Untuk memastikan kemanannya, telusuri seluruh bagian mainan dan pastikan tidak ada bagian yang bisa membahayakan anak.

Berikut ini beberapa jenis mainan yang harus dihindarkan dari anak:

  • Mainan bersisi tajam

Mainan yang bersisi tajam dan runcing terutama terbuat dari besi atau kaca harus dijauhkan dari jangkauan bayi. Mainan yang cenderung mudah pecah juga harus dihindarkan karena bisa melukai anak.

  • Mainan elektrik

Mainan yang terdapat arus listrik harus mempunyai perlindungan pada permukaanya dengan suhu maksimum dan konstruksi listrik, dengan label peringatan dengan jelas.

  • Mainan yang menghasilkan bunyi keras

Mainan anak yang menimbulkan bunyi cukup keras seperti bunyi senapan berpotensi merusak pendengaran si anak. Oleh karena itu jangan mainkan didekat telinga anak.

  • Mainan yang menggunakan benang dan tali

Mainan yang menggunakan tali dan benang bisa berpotensi membuat si bayi atau balita tercekik.

  • Mainan yang dapat dilontarkan

Hindari mainan yang dapat dilontarkan seperti panah-panahan, peluru atau jenis mainan lain yang ditembakkan atau dilontarkan, karena jika terkena mata maka akan menimbulkan cedera serius.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Itulah beberapa tips aman memilih mainan bayi dan seperti apa saja yang berbahaya serta harus dihindarkan oleh orang tua kepada buah hatinya. Semoga membantu!

Be the first to comment on "Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*