Tips Memilih Mainan dan Rekomendasi Mainan Bayi yang Baik untuk Dipilih

Tips Memilih Mainan dan Rekomendasi Mainan Bayi yang Baik untuk Dipilih

Bayi merupakan seorang buah hati yang sangat berharga dan tumbuh kembangnya sangat bergantung pada orangtua. Untuk membuat bayi berproses dan bertumbuh dengan baik maka perlu beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjangnya. Ibu membutuhkan mainan bayi untuk menjadi fasilitas anak berkembang. Mainan yang digunakan tentunya dipilih dan diperhatikan sesuai dengan beberapa hal yang harus diketahui. Mainan ini biasanya memiliki warna yang cerah sehingga akan memampukan anak mengenal warna dan membedakan warna dengan baik. Mainan juga memiliki beberapa macam untuk mengembangkan kreatifitas anak dalam menyelesaikan permainan. Baik itu menyusun permainan, mewarnai maupun menggambar.

Tips Memilih Mainan dan Rekomendasi Mainan Bayi yang Baik untuk Dipilih

 Berikut adalah tips memilih mainan untuk bayi diantaranya:

  • Membeli mainan sesuai usianya, sebaiknya membaca label pada mainan yang tercantum aturan usia tertentu yang dapat cocok untuk memainkan mainan ini tersebut.
  • Pilihlah mainan dengan ukuran yang cukup besar sampai anak berusia setidaknya 3 tahun dan lebih besar dari mulut bayi untuk menghindari anak memasukkannya kedalam mulut dan kemungkinan tertelan dan tersedak.
  • Hindari memberikan bayi yang bertepi tajam dan berat karena dapat melukai anak ketika sedang bermain.
  • Menjauhkan mainan yang tidak sesuai dengan bayi karena biasanya mainan anak maupun balita memiliki tekstur keras dan berbahaya bagi bayi.
  • Membeli mainan yang bisa dicuci supaya kuman atau bakteri yang menempel di mainan bisa hilang karena bayi atau balita saat bermain akan memasukkan mainan ke dalam mulut.

Selain beberapa diatas, hindari membeli mainan yang memiliki tali, benang atau pita dengan panjang lebih dari 30cm. Hal ini akan membahayakan bayi yang bermain tali karena dapat menyebabkan benda terlilit di leher dan mencekiknya. Hindari mainan senjata yang dapat menembak otomatis karena dapat melukai mata jika tertembak. Hati-hati juga dengan mainan bayi yang terbuat dari bahan berbahaya karena akan membahayakan bayi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan untuk bayi diantaranya:

  • Papan aktifitas, untuk bayi usia 6-12 bulan dengan warna-warni.
  • Kayu balok, untuk bayi usia 6-12 bulan untuk menyusun, menjatuhkan dan menyusunnya kembali.
  • Mainan berbentuk, untuk bayi usia 6-12 bulan dengan bentuk segitiga, persegi panjang, bulat dan balok.
  • Mainan lampu, untuk bayi usia 6-12 bulan untuk mengasah visual si kecil mengenalkan beberapa warna.
  • Soft teether, untuk bayi usia 6-12 bulan untuk gigitan lembut untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Baca juga Mainan Bayi yang Sesuai untuk Mereka yang Memiliki Kebutuhan Khusus

Selain beberapa diatas, bola untuk bayi usia 6-12 bulan untuk menarik si kecil memainkannya dan menggelindingkannya ke arah mana saja. Media kardus bekas dapat juga digunakan sebagai mainan bayi untuk membuatnya sebagai benteng atau batas dan bayi akan melewati jalan tanpa merusak kardus dan merangsang perkembangan motorik dengan mengajak anak berjelajah dan mengajarkan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Mainan dan Rekomendasi Mainan Bayi yang Baik untuk Dipilih"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*