Tips Memilih Playmat Bayi yang Aman dan Nyaman

Jika bayi mulai bisa duduk dan mulai belajar merangkak dengan bergerak aktif ke sana kemari, tentu banyak dari orang tua yang mulai khawatir anaknya akan bermain di tempat yang tidak aman dan membuatnya tidak nyaman. Bayi cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi, sehingga ketika melihat sesuatu yang baru dilihatnya, ia akan berusaha menggapai benda tersebut, dan akan sangat fatal akibatnya jika benda yang digapainya adalah benda yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan sistem proteksi ketika bayinya mulai bergerak dengan aktif. Salah satunya adalah dengan memberikan playmat. Playmat bayi merupakan semacam matras atau alas bermain bagi bayi yang didesain lembut dan difasilitasi dengan berbagai mainan yang cukup aman dan memantik rasa penasaran bayi, mulai dari bantal berbentuk lucu hingga berbagai boneka kecil.

Tidak hanya didesain lembut, playmat bayi juga didesain berwarna-warna dan aneka bentuk, dengan beragam permainan menarik di atas hamparan matras tersebut, muilai dari mainan yang mengandung bunyi, buku yang melekat pada matras, dan jenis mainan aman bagi bayi yang semuanya melekat pada matras tersebut sehingga bayi tidak akan bisa menariknya untuk menggingit benda-benda tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips memilih playmat yang aman dan nyaman bagi bayi.

Alas yang Lembut

Sebagaimana fungsi matras yaitu sebagai alas, playmat juga merupakan alas bermain bagi bayi. Berbeda dengan matras kebanyakan yang didesain rata, playmat didesain lembut, sebagaimana bahan pada kasur busa, sehingga bayi bisa betah dan nyaman bermain-main di atasnya. Jangan memilih playmat yang permukaanan alasnya kasar dan bergerunjal, apalagi memiliki sisi atau bagian yang tajam. Semua bagian playmat, terutama bagian alasnya, harus dari bahan yang lembut dan empuk.

Baca juga: Manfaat Penggunaan Playmat Bayi

Tidak Terbuat dari Bahan yang Mudah Lepas

Selain alas yang lembut, bahan playmat juga harus dipertimbangkan. Pilihlah playmat yang terbuat dari bahan yang tidak mudah lepas atau protol. Bahan seperti plastik balon yang sangat lembut dan aman sangat disarankan. Jangan memilih playmat dari bahan kapuk atau kapas, karena sangat bahaya bagi bayi. Sebaiknya, jangan memilih playmat yang permainannya berukuran terlalu kecil seperti manik-manik, sebab bayi cenderung mudah penasaran dan jika terlepas, manik-manik tersebut akan ditelannya karena dianggap sebagai makanan.

Semua mainan yang ada di playmat tersebut harus berukuran berukuran ideal bagi bayi, yaitu tidak lerlalu kecil dari telapak tangan bayi, juga tidak lebih besar dari separuh badannya. Mainan-mainan yang berukuran ideal akan membuat bayi lebih leluasa memainkannya karena ukurannya tidak terlalu berat dan tidak terlalu besar.

Terakhir, jangan memilih playmat bayi yang diproduksi dengan bahan pewarna yang mudah luntur, sebab jika mengenai kulit bayi, bisa menyebabkan iritasi. Pewarna buatan yang luntur akan bahaya jika dijilat oleh bayi. Pilihlah playmat yang benar-benar aman dan nyaman yang dilihat dari keseluruhan bahan dan bentuknya.

Be the first to comment on "Tips Memilih Playmat Bayi yang Aman dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*