Tips memilih Playmat Bayi yang Aman

Bayi yang mulai aktif bergerak tentunya seringkali penasaran akan sesuatu, oleh karena itu untuk menstimulai gerak motoriknya, perlu halnya memberikan stimulasi pada bayi dengan memberikan mainan-mainan. Salah satunya adalah dengan memberikan playmat bayi.

Playmat bayi adalah matras yang bisa digunakan sebagai tempat bayi untuk bermain, memiliki desain yang unik dan dilengkapi dengan beragam mainan yang bisa merangsang daya imajinasi si kecil.

Mainan yang terdapat pada playmat pun beragam, ada yang mengandung bunyi, ada yang melekat pada matras dengan bentuk yang lembut dan beragam mainan lainnya yang memiliki ragam bentuk, desain serta warna sehingga akan membuat bayi senang memainkannya.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin membeli playmat untuk si kecil, beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman adalah sebagai berikut:

Alas yang Lembut

Sebagaimana fungsi utamanya yaitu sebagai matras atau alas untuk tempat bermain bayi. Maka harus dipilih alas yang lembut. Matras untuk bayi tentunya berbeda dengan matras kebanyakan. Matras untuk bermain bayi memiliki bahan dasar yang lembut seperti halnya kasur busa sehingga bayi akan lebih betah serta nyaman untuk bermain di atasnya. Jangan pilih playmat yang memiliki permukaan kasar dan tidak rata, periksa terlebih dahulu apakah ada sisi atau bagian playmat yang tajam karena tentunya akan membuat bayi tidak nyaman dan bisa melukai bayi.

Bahan Tidak Mudah Lepas

Tak hanya sekadar lembut, akan tetapi bahan pembuat playmat pun harus dipertimbangkan. Pilih playmat yang bahannya tidak mudah lepas atau terkelupas. Bahan yang disarankan adalah plastik yang lembut. Jangan menggunakan playmat berbahan kapas atau kapuk karena akan berbahaya untuk bayi. Jangan pilih playmat yang permainannya memiliki ukuran terlalu kecil seperti manik-manik karena selain mudah terlepas juga akan berbahaya apabila ditelan oleh bayi.

Mainan yang tergantung di playmat sebaiknya memiliki ukuran yang ideal untuk dimainkan bayi, jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar, namun pilih maianan yang bisa digenggam oleh bayi. Mainan dengan ukuran ideal tentunya akan membuat bayi leluasa ketika memainkannya karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat.

Pilih Pewarna yang Aman

Ketika memilih playmat, sebaiknya perhatikan pewarna yang digunakan. Pilih pewarna yang tidak mudah luntur dan aman bagi bayi sehingga tidak membuat kulit bayi terkena iritasi. Bahan pewarna mainan yang mudah luntur juga akan berbahaya apabila ditelan oleh bayi. Oleh karena itu pilih playmat yang memang benar-benar nyaman serta aman baik dari segi bahan maupun bentuknya.

Itulah beberapa tips untuk memilih playmat bayi yang aman, sehingga bayi akan merasa nyaman dan orangtua tidak perlu khawatir atau was-was ketika bayi bermain di playmat.

 

Be the first to comment on "Tips memilih Playmat Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*