Tips Memilih Susu Formula Lanjutan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bayi berusia 6 bulan sudah waktunya diperkenalkan dengan makanan setengah padat untuk menambah asupan nutrisinya. Di usia tersebut kebutuhan nutrisi bayi lebih banyak dibandingkan sebelumnya karena berat bayi yang lebih besar dan perkembangan bayi yang juga semakin cepat. Sayangnya di usia tersebut, umumnya sang ibu sudah memiliki kesibukan yang lebih padat sehingga ASI lebih jarang diberikan. Selain makanan sebagai sumber nutrisi dan juga ASI, sebaiknya ibu menambahkan susu formula untuk melengkapi kebutuhan gizi seimbang anak.

Susu untuk bayi usia 6 bulan atau lebih sudah bisa didapatkan dengan mudah dipasaran. Susu untuk usia ini merupakan susu pertama non ASI yang umumnya diberikan pada bayi. Terbuat dari protein susu sapi yang mirip dengan susu manusia sehingga diharapkan lebih mudah dicerna dan diterima oleh bayi. Meski begitu ada beberapa bayi yang justru mengalami gejala alergi pada susu berbahan protein sapi sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan.

Meski banyak macamnya dan mudah didapatkan di berbagai toko, susu untuk bayi usia 6 bulan sebagai susu pertama perlu dipilih dengan hati-hati. Cara pemilihannya sendiri tidak memiliki keharusan tertentu karena semua susu bayi sudah memiliki standar yang sama untuk menjaga kesehatan bayi. Namun untuk memilih satu susu formula yang terbaik untuk sang buah hati, Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini:

  • Merk.

Memang merk terkenal atau harga yang mahal belum menjadi jaminan kecocokan susu untuk buah hati. Namun dengan menggunakan susu dengan merk yang telah banyak digunakan setidaknya Anda bisa mengambil pilihan yang sudah dibuktikan oleh banyak orang lainnya.

  • Rasa.

Hindari rasa coklat untuk bayi karena coklat bisa merusak gigi dan gusi. Sebaiknya memilih rasa plain, vanilla atau madu. Namun ketika bayi sudah menginjak usia balita, Anda bisa memberikannya susu coklat sesekali dengan tak lupa mengajarkan kebiasaan menggosok gigi setelah konsumsi coklat.

Baca juga: Kenali Tanda Susu Formula Tidak Cocok untuk Bayi Anda Berikut Ini!

  • Kandungan nutrisi.

Seperti yang diuraiakan di atas bahwa susu untuk anak sudah diproduksi menggunakan standar tertentu sehingga bisa dikatakan semuanya sama. Namun jika Anda menginginkan, pemilihan susu dengan bahan tambahan lain misalnya omega 3, asam folat lebih dan high calcium bisa dipilih asalkan bayi cocok mengkonsumsinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih susu formula pertama untuk bayi usia 6 bulan. Perlu diperhatikan pada masa awal pemberian susu agar ketika terjadi ketidakcocokan antara bayi dengan susu yang digunakan bisa langsung terdeteksi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak dalam memilih susu yang nantinya digunakan apalagi jika terbukti bayi Anda mengalami ketidakcocokan susu pada pilihan pertama. ingat bahwa bayi Anda bukanlah bahan percobaan sehingga ketika sudah menemukan susu yang cocok, sebaiknya tidak sering diganti-ganti tanpa alasan yang sesuai.

 

Be the first to comment on "Tips Memilih Susu Formula Lanjutan untuk Bayi Usia 6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*