Tips Mempersiapkan Bayi 6 Bulan untuk MPASI Pertama

Makanan utama bayi baru lahir adalah ASI dimana ASI merupakan sumber kalori, vitamin dan mineral yang kaya dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi si bayi. Selain itu ASI mudah dicerna karena terbuat secara alami oleh tubuh ibu. Namun ketika bayi menginjak usia 6 bulan, kebutuhan nutrisinya akan lebih besar dibandingkan usia sebelumnya. Hal ini membuat konsumsi makanannya juga meningkat. ASI saja tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga diperlukan makanan pendamping lainnya. selain itu pertumbuhan saluran cerna bayi juga semakin baik sehingga perlu di rangsang dengan makanan semi padat untuk mengoptimalkannya. Apa saja yang harus dilakukan ibu untuk mempersiapkan bayi 6 bulan untuk mendapatkan MPASI pertama mereka?

Bayi usia 6 bulan belum tumbuh gigi untuk mendapatkan makanan yang terlalu padat. Karenanya sebaiknya memperkenalkan makanan non ASI pada mereka secara bertahap. Pada tahapan pertama berikan bubur bayi dengan tekstur encer sehingga bayi tak perlu mengunyahnya. Pilihkan rasa yang natural misalnya beras merah atau campuran rasa sayuran. Selain bubur, Anda juga bisa memberikannya pisang dengan cara dilumatkan menggunakan sendok kecil karena pisang memiliki tekstur yang halus.

Dalam pemberian MPASI, Anda harus terus memberi bayi ASI karena ASI tetaplah dibutuhkan hingga bayi berusia 2 tahun. Dengan pemberian ASI Secara maksimal dan penambahan makanan semi padat pada bayi diharapkan bayi bisa memiliki ketahanan tubuh yang baik dan pertumbuhan organ dalam yang optimal. Pada pemberian awal, sebaiknya memberikan makanan tambahan dengan jadwal sering namun dengan porsi yang sedikit. Secara bertahap porsi bisa ditambah sekehendak bayi dengan tetap memperhatikan jenis makanan yang diberikan.

Berikut ini adalah jadwal pemberian MPASI yang sebaiknya diberikan pada bayi 6 bulan:

  • Pukul 12 siang, porsi sesuai keinginan bayi misalnya pemberian buah pisang.
  • Pukul 3 sore, 2-3 sendok makan atau sampai setengah mangkuk.
  • Pukul 6 sore, sekehendak bayi.
  • Pukul 9 malam, sekehendak bayi.

Sebaiknya hanya memberikan bubur bayi atau makanan lain yang bertekstur lembut terlebih dahulu untuk bayi usia 6 bulan sampai menunggu ia tumbuh gigi. Selain makanan, Anda juga bisa memberikan susu pendamping atau minuman perasan buah secara bertahap. Usahakan buah yang Anda pilih tidak memiliki rasa terlalu asam.

Pemberian MPASI pada bayi 6 bulan dilakukan bertahap dan dengan porsi yang bertambah. Namun penambahan porsi tidak perlu terburu-buru karena sistem pencernaan bayi yang masih dalam tahap perkembangan dan adaptasi dengan makanan semi padat. Setelah makan, jangan tidurkan bayi dalam keadaan menelungkup. Sebaiknya gendok atau dudukkan bayi hingga 1 atau 2 jam setelah ia makan baru ditidurkan jika ia ingin istirahat.

Be the first to comment on "Tips Mempersiapkan Bayi 6 Bulan untuk MPASI Pertama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*