Tips Menaikkan Berat Badan Bayi Agar Ideal yang Bisa Anda Coba

Memiliki anak kecil apalagi bayi yang belum bisa berkata-kata untuk menunjukkan keinginannya pastinya membuat Anda serba salah saat bayi menunjukkan berat yang kurang dari berat ideal. Memberikan asupan makanan atau ASI pastinya sudah dilakukan setiap hari sesuai dengan permintaan bayi tersebut. Namun ada kalanya bayi menjadi susah makan dikarenakan sebab-sebab tertentu yang tidak diketahui. Hal ini jika terus berlanjut akan mengakibatkan berat badan bayi turun drastis bahkan terjadi kekurangan gizi akibat asupan makanan yang berkurang. Lalu bagaimana cara agar bayi mau makan sehingga gizi dan beratnya menjadi ideal? Berikut ini sedikit tips yang bisa Anda coba untuk menanggulanginya.

Jika bayi ibu mengkonsumsi ASI sebagai makanan utamanya maka yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas ASI yang diberikan. Caranya adalah dengan meningkatkan asupan makanan ibu atau pemberi ASI tersebut. Ibu harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi baik vitamin, protein serta mineral sehingga kualitas ASI menjadi baik untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak atau es untuk membantu kesehatan si bayi. Jika bayi juga mengkonsumsi susu formula pendamping ASI maka pilihlah susu formula yang terkenal membuat bayi cepat gemuk dan mencukupi kebutuhan gizinya.

Baca juga: Rahasia Merawat Buah Hati yang Baru Lahir Supaya Menjadi Bayi Sehat

Jika bayi berusia di atas 6 bulan maka cara untuk menaikkan berat badan bayi lebih mudah karena bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Caranya adalah dengan memberikan makanan yang berporsi lebih banyak sesuai dengan kegemaran si bayi. Ada kalanya bayi sudah memiliki makanan favorit misalnya lebih suka pisang dari pada nasi atau sebaliknya. Berikan bayi makanan sesuai dengan permintaannya namun jika dirasa kurang maka sebaiknya Anda menyuapinya lebih rutin dan banyak untuk menjaga pola makan dan asupan gizinya. Berikan makanan yang beragam seperti kombinasi dari sumber karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin setiap hari.

Bayi mengalami gangguan selera makan juga bisa menjadi penyebab beratnya berada di bawah normal. Untuk menanggulanginya Anda harus mencari tahu sebab hilangnya selera makan si bayi. Bisa karena adanya ruam popok sehingga bayi kerap menangis atau terbangun di malam hari. Atau bisa juga karena bayi tidak cocok dengan susu formula yang diberikan sehingga hanya minum sedikit saja dari porsi yang seharusnya.

Lakukan cek ke posyandu secara rutin untuk mengetahui apakah berat badan bayi Anda sudah membaik ataukah belum. Lakukan konsultasi dengan dokter anak jika diperlukan mengenai apakah bayi memiliki alergi susu sapi sebagai susu formulanya. Kemudian mintalah saran mengenai menu makanan yang seimbang guna menjaga berat si bayi dan memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tidak kekurangan gizi dan dapat tumbuh dengan normal.

 

 

 

Be the first to comment on "Tips Menaikkan Berat Badan Bayi Agar Ideal yang Bisa Anda Coba"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*