Tips Mendisiplinkan Anak Sejak Balita yang Bisa Anda Coba

Tips Mendisiplinkan Anak Sejak Balita yang Bisa Anda Coba

Bagi banyak ibu, membagikan disiplin yang efektif adalah salah satu tugas pengasuhan anak yang terberat dan paling membuat frustasi, yang tampaknya merupakan ujian yang tidak pernah berakhir antara Anda dan balita Anda. Apa sebenarnya artinya disiplin seorang anak? Beberapa orang menyamakannya dengan memukul dan menghukum. Sedangkan disiplin adalah tentang menetapkan aturan untuk menghentikan si kecil terlibat dalam perilaku yang agresif (memukul dan menggigit), berbahaya (berlari di jalan), dan tidak pantas (melempar makanan).

 Tips Mendisiplinkan Anak Sejak Balita yang Bisa Anda Coba

Berikut adalah strategi yang dapat membantu Anda menetapkan batas dan menghentikan perilaku buruk dengan cara melatih kedisiplinan buah hati Anda:

  • Terapkan batas yang sesuai.

Jika Anda selalu mengatakan, “Tidak, tidak, tidak,” maka anak Anda akan mengabaikan ketiadaan dan tidak akan memahami prioritas Anda. Tentukan apa yang penting bagi Anda, tetapkan batas yang sesuai, dan ikuti dengan konsekuensi yang tepat. Lalu, kendalikan hal-hal kecil yang menjengkelkan.

  • Ketahui pemicu anak Anda.

Beberapa perilaku buruk dapat dicegah selama Anda dapat mengantisipasi apa yang akan memicu dan Anda membuat rencana permainan terlebih dahulu, seperti menghapus godaan nyata. Strategi ini berhasil untuk Anda coba dalam menerapkan kedisiplinan kepada buah hati Anda.

  •  Konsisten.

Antara usia 2 dan 3, anak-anak bekerja keras untuk memahami bagaimana perilaku mereka mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka. Tidak ada jadwal untuk berapa banyak insiden dan teguran yang akan terjadi sebelum anak Anda menghentikan perilaku buruk tertentu. Tetapi jika Anda selalu merespon dengan cara yang sama, ia mungkin akan belajar pelajarannya setelah empat atau lima kali.

  • Jangan emosional.

Reaksi marah hanya akan meningkatkan nilai hiburan untuk anak Anda, jadi tahan dorongan untuk menaikkan suara Anda. Tarik napas dalam-dalam, hitung sampai tiga, dan turun ke tingkat mata anak Anda. Jadilah cepat dan tegas, serius dan keras saat Anda menyampaikan teguran. Hindari memperlihatkan sikap emosional Anda kepada balita Anda.

  •  Beri Time-Out

Jika teguran berulang, pengarahan ulang, dan hilangnya hak istimewa tidak menyembuhkan anak Anda dari perilakunya yang menyinggung, pertimbangkan untuk memberinya waktu istirahat. Ini adalah alat disiplin yang sangat baik untuk anak-anak yang melakukan pekerjaan atau aktivitasnya.

  • Tetap positif.

Tidak peduli seberapa frustasinya perasaan Anda tentang perilaku buruk anak Anda, jangan curhat tentang hal itu di depannya. Bersikaplah positif kepadanya. 

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Jika Anda seperti kebanyakan ibu yang baru pertama kali melahirkan, Anda cenderung berpikir dengan anak Anda ketika ia melanggar peraturan, menawarkan penjelasan rinci tentang kesalahannya dan mengeluarkan ancaman mendetail tentang hak istimewa yang akan hilang jika ia tidak berhenti berbuat salah. Tetapi sebagai strategi disiplin, overtalking sama tidak efektifnya dengan menjadi terlalu emosional. Langkah yang ada di atas dapat membantu Anda agar bisa mendidik dan membiasakan kedisiplinan anak Anda sejak balita.

 

Be the first to comment on "Tips Mendisiplinkan Anak Sejak Balita yang Bisa Anda Coba"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*