Tips Menenangkan Bayi Menangis Bagi Para Ibu Muda

Tips Menenangkan Bayi Menangis Bagi Para Ibu Muda

Sebuah kondisi yang umum apabila menjumpai bayi yang sering menangis. Dikarenakan bayi masih membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan lingkungan barunya. Terkadang adanya rasa lapar dan penumpukan gas di dalam perut merupakan sesuatu yang sangat awam bagi bayi sehingga untuk mengekspresikan hal tersebut bayi hanya bisa menangis. Bayi menangis merupakan sebuah proses alamiah sebagai bentuk komunikasi dan merupakan salah satu bagian normal dalam perkembangan bagi. Namun demikian ada beberapa untuk meredakan tangisan bayi.

Tips Menenangkan Bayi Menangis Bagi Para Ibu Muda

Salah satu cara untuk menenangkan bayi menangis adalah dengan menciptakan kondisi atau suasana yang menyerupai lingkungan di dalam rahim. Kondisi ini dapat diciptakan dengan cara:

Membedong Bayi

Membedong bayi dipercaya merupakan sebuah aktivitas yang menyerupai kondisi dan suasana ketika masih di dalam rahim. Anda dapat membedong bayi dengan menggunakan kain yang dililitkan ke tubuh sang bayi. Bayi akan mendapatkan sensasi rasa nyaman selama dibedong sehingga tidak akan menangis dan dapat tidur dengan tenang. Di zaman yang serba modern ini sudah ada jaket khusus yang diperuntukkan untuk membedong bayi sehingga Anda tidak perlu repot-repot melilitkan kain.

Memiringkan Bayi

Ketika masih di dalam rahim posisi yang sering dilakukan bayi adalah memiringkan tubuhnya. Sehingga sangat tidak salah apabila Anda memiringkan bayi ketika sudah selesai dibedong. Lakukan hal ini secara hati-hati agar keselamatan bayi tidak terabaikan. Posisi miring pada bayi dirasa akan memberikan sensasi rasa nyaman dan mencegahnya terhindar dari rasa kaget yang berlebihan.

Membisikkan Suara

Percaya atau tidak bayi dapat merasa tenang seketika setelah mendengar bunyi aliran darah yang mengalir di sekitar rahim. Hal ini menyebabkan Anda harus membisikkan suara atau bunyi mendesis seperti halnya ‘sssshhhh’ kepada sang bayi ketika sedang menangis. Bisikkan suara tersebut sembari memberikan tepukan-tepukan hangat kepada sang bayi. Bayi menangis juga dapat ditenangkan dengan cara memberikan ayunan dengan cara menimang-nimangnya. Jadi tidak ada salahnya membeli sebuah ayunan khusus untuk bayi. Namun penggunaannya pun harus disesuaikan dengan umur dari bayi itu sendiri.

Memperkenalkan Pola Tidur

Ketika bayi terus menerus menangis mungkin saja sedang merasakan kantuk yang sangat. Dengan demikian perlunya sang ibu untuk mengenalkan pola tidur kepada buah hatinya. Pengenalan pola tidur ini dapat dilakukan dengan cara segera mengajak sang bayi untuk tidur di waktu-waktu yang diperuntukkan untuk istirahat seperti halnya ketika siang hari. Pengenalan pola tidur ini dapat dilakukan ketika sudah menginjak waktu dua bulan. Waktu tidur yang cukup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan bayi tidak rewel sehingga setiap ibu hendaknya mengetahui waktu-waktu tertentu untuk menidurkan sang buah hati.

Baca juga: Bayi Menangis di Malam Hari? Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Semoga berbagai tips di atas dapat membantu Anda ketika menghadapi buah hati yang sedang rewel.

Be the first to comment on "Tips Menenangkan Bayi Menangis Bagi Para Ibu Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*