Tips Mengasuh Dua Balita Sekaligus Agar Tak Stress yang Bisa Dicoba

Tips Mengasuh Dua Balita Sekaligus Agar Tak Stress yang Bisa Dicoba

Mengasuh balita memang memberi tantangan tersendiri yang membuat seorang ibu harus pintar memutar otak agar bisa memberi pengasuhan yang baik dan benar. Tantangan semakin bertambah manakala Anda juga sudah memberi adik bagi anak pertama yang usianya masih di bawah lima tahun tadi. Artinya Anda mengasuh bayi dan juga anak di usia bawah lima tahun, yang tentunya perlu disikapi dengan baik agar tidak stress dan membuat salah satu anak merasa dipinggirkan.

Tips Mengasuh Dua Balita Sekaligus Agar Tak Stress yang Bisa Dicoba

Tips Mengasuh 2 Anak Usia Bawah Lima Tahun

Tak sedikit ibu yang memiliki anak umur 1-2 tahun kemudian sudah hamil lagi, jarak yang dekat membuat ibu mengasuh dua anak di usia bawah lima tahun. Simak tips parenting berikut agar tidak mudah lelah maupun stress:

  • Memasukan si sulung ke PAUD atau Playgroup,

Si sulung yang belum genap lima tahun dijamin akan membutuhkan banyak perhatian Anda, begitupun dengan si bungsu yang masih bayi. Pertimbangkan mendaftarkan si sulung ini ke PAUD atau Playgroup di sekitar lingkungan Anda agar bisa belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya. Cara ini akan memberi kesibukan baru pada si sulung dan Anda fokus ke si bayi selama beberapa jam dalam sehari.

  • Menyiapkan area khusus untuk bermain anak-anak,

Anak balita akan lebih mudah diajak bermain ketimbang disuruh bersabar menunggu Anda menyusui si bungsu. Jadi siapkan ruangan khusus di rumah untuk dijadikan area bermain si sulung dan si bungsu ketika sudah agak besar nanti. Siapkan mainan edukatif yang membuat si sulung bisa betah menghabiskan waktu memainkannya di area tersebut. Selagi ia bermain Anda bisa menyusui, menidurkan si bungsu, atau memilih beberes rumah.

  • Mengatur jam tidur siang kedua anak,

Membiasakan kedua anak yang masih kecil-kecil tidur siang setiap hari ternyata bukan pekerjaan mudah. Namun musti belajar untuk melakukannya selain memberi waktu untuk Anda istirahat atau beberes rumah. Anak-anak yang tidur siang secara teratur juga memiliki masa tumbuh kembang yang maksimal, sebab saat tidur inilah tubuh anak dan bayi memproduksi hormon pertumbuhan. Biasakan si kecil menikmati tidur siang sejak dini, baik si bungsu maupun sulung agar terbiasa.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Bercerita dan bermain bersama,

Bercerita bersama bisa membantu anak-anak tidur siang ataupun tidur nyenyak di malam hari sekaligus memperkuat ikatan Anda dengan mereka. Jika si bungsu masih bayi, cobalah rutin bercerita dengan si sulung yang belum genap berumur lima tahun. Biasanya mereka sudah pandai bicara dan enak diajak bicara maupun tanya jawab. Selain membiarkan si kecil bercerita cobalah Anda juga bercerita, misal pengalaman Anda mengasuhnya sewaktu masih bayi. Tujuannya adalah memberi kesadaran pada si balita ini akan kerepotan Anda mengurus si kecil yang masih bayi agar lebih pengertian.

Be the first to comment on "Tips Mengasuh Dua Balita Sekaligus Agar Tak Stress yang Bisa Dicoba"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*