Tips Mengatasi Ruam Popok

Bagi bayi, salah satu penyakit yang sering diderita adalah ruam popok. Meski terdengar sepele, akan tetapi ruam popok ini harus segera diatasi agar tidak menjadi lebih parah. Ada banyak cara untuk mengatasi ruam popok ini, yaitu sebagai berikut:

baca juga: Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

  1. Gunakan Popok Kain

Untuk bayi dengan usia 1-2 bulan, sebaiknya menggunakan popok kain dibandingkan popok sekali pake atau diaper. Selain untuk memantau intensitas atau frekuensi pipis, juga agar pantat bayi tidak terlalu lembab karena apabila menggunakan popok kain udara dari luar lebih bisa keluar masuk jika dibandingkan dengan diaper. Penggunaan diaper, apalagi yang tidak bisa meresap secara sempurna tentunya akan menjadikan bagian pantat bayi menjadi lembab dan basah, hal inilah yang menjadi pemicu ruam popok. Berbeda dengan popok kain, karena basahnya lebih terasa dan terlihat, maka biasanya akan segera diganti oleh ibu.

  1. Ganti Popok Saat Basah

Apabila popok sudah basah sehingga membuat bayi tidak nyaman, maka sebaiknya lekas ganti popok tersebut, karena selain membuat bayi gelisah dan menyebabkan rewel, popok yang basah juga menyebabkan ruam di bagian popok. Apabila menggunakan diaper, sebaiknya ganti empat jam sekali. Atau saat ini ada juga popok yang di bagian luarnya terdapat indikator pipis, sehingga indikator tersebut akan berubah warna jika air pipis dalam popok sudah penuh dan harus segera diganti. Ketika menggunakan diaper, mungkin akan menunggu beberapa kali bayi pipis untuk mengganti diaper, akan tetapi apabila bayi buang air besar, jangan menunggu, dan langsung ganti diaper bayi.

  1. Bersihkan Pantat Sebelum Memakaikan Popok

Bagi sebagian orangtua, biasanya akan menggunakan tisu basah khusus bayi untuk membersihkan pantat bayi yang kotor. Namun, ada pula bayi yang memiliki kulit sensitif, pembersihan kulit dengan tisu basah khusus bayi justru menyebabkan kulit kemerahan. Untuk mengatasi ini hentikan penggunaan tisu basah untuk pembersihan kulit bayi. Sebagai penggantinya gunakan air dan kapas untuk membersihkan. Saat ini tersedia pula tisu khusus untuk bayi yang berbentuk bulat-bulat dengan tekstur yang lebih lembut sehingga cocok dan aman untuk kulit bayi.

  1. Krim Ruam Popok

Cara selanjutnya untuk mengatasi ruam popok adalah dengan menggunakan krim ruam popok. Apabila pantat bayi sudah terlihat kemerahan atau sudah ada tanda-tanda ruam popok, maka segera oleskan krim untuk mengobati ruam popok. Krim ini sudah tersedia di toko perlengkapan bayi. Krim ini tidak hanya cocok untuk digunakan ketika ruam popok sudah terjadi, namun juga bisa digunakan untuk mencegah ruam popok.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Jaga selalu kebersihan kulit dan serta bagian sensitif bayi agar terhindar dari ruam popok.  

 

Be the first to comment on "Tips Mengatasi Ruam Popok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*