Tips Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Agar Kembali Normal

Setiap ibu yang sedang hamil tentunya menginginkan kehamilannya berlangsung sehat dan baik-baik saja. Akan tetapi, seorang ibu juga tak bisa menghindari jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, salah satunya adalah posisi bayi sungsang.

Posisi bayi sungsang ini terjadi ketika kepala bayi berada di atas pada trimester akhir sehingga bisa mengakibatkan  ibu tak bisa melahirkan secara normal. Apabila ibu mengalami kondisi ini, ibu tak perlu khawatir karena ibu masih memiliki peluang untuk mengembalikan posisi bayi dalam keadaan normal dengan cara-cara berikut ini:

  1. Senam Hamil

Salah satu cara untuk memperbaiki posisi janin yang sungsang adalah dengan melakuka senam hamil, ada banyak gerakan yang bisa dilakukan oleh ibu, seperti knee chest, headstand, dan beberapa gerakan senam hamil lainnya yang dapat memperbaiki posisi janin.

  1. Hypnobirthing

Teknik hypnobirthing cukup efektif untuk mengatasi posisi bayi yang sungsang. Ketika melakukan ini bisa dengan cara mengajak bayi dalam kandungan berbicara kemudian meminta bayi yang ada dalam kandungan agar mau kembali ke posisi normal sembari memvisualisasikan gerakan perpuataran bayi dalam kandungan. Lakukan teknik ini sebanyak 2 kali sehari, dan coba lihat perubahan yang terjadi.

  1. Stimulasi Suara dan Cahaya

Kondisi lingkungan bayi yang ada dalam rahim sangat sunyi dan gelam. Untuk menstimulasi pergerakan agar kembali ke posisi normal, bisa dengan bantuan cahaya serta suara. Stimulasi yang bisa dilakukan dengan memperdengarkan lagu klasik menggunakan earphone yang diletakkan pada bagian bawah perut 6 kali sehari selama 10 menit.Sedangkan untuk stimulasi cahaya bisa dilakukan dengan cara menyinari bagian perut menggunakan cahaya lampu senter. Sorotkan cahaya senter naik turun darii puncak rahim ke tulang kemaluan secara berulang-ulang.

  1. Accupresure

Cara mengatasi bayi yang sungsang adalah dengan metode accupresure atau menekan bagian titik tertentu pada tubuh ibu. Teknik ini sudah dikenal sangat lama di China, tepatnya sejak 3.000 tahun yang lalu, dan keberhasilan teknik ini bisa mencapai 88%. Untuk melakukan teknik ini bisa dengan cara menekan titik accupresure yang ada pada bagian luar kuku kelingking kaki selama 30 menit. Lakukan hal ini rutin setiap hari agar kepala bayi bisa bergerak turun mendekati jalan lahir.

  1.  Minum Jus Jeruk

Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, Inggris ditemukan bahwa ibu yang mengkonsumsi minuman berkadar gula tinggi akan bisa menstimulasi bayi agar bergerak ke posisi tertentu. Hasil dari penelitian ini juga menjadi teori bahwa meminum jus jeruk sambil berbaring ke sisi kiri dapat memperbaiki posisi bayi yang sungsang.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang agar kembali normal, dan yang terpenting ibu juga tidak boleh stress, karena ini juga berpengaruh pada janin yang dikandung.

Be the first to comment on "Tips Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Agar Kembali Normal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*