Tips Mengganti Popok Bayi dengan Cara yang Benar

Mengganti popok bayi merupakan suatu hal yang bisa dianggap sebagai hal yang sepele, karena dalam hal mengganti popok dianggap semua orang bisa untuk melakukannya namun di balik dari hal tersebut, ternyata dalam hal mengganti popok pada bayi pun tidak dapat dilakukan dengan sembarang cara. Ada aturan tertentu yang dapat dilakukan ketika mengganti popok agar kulit bayi tidak kering dan tidak mengalami iritasi.

Dalam hal mengganti popok memang sering kali dianggap sepele dan mudah dilakukan, namun dibalik dari hal tersebut, ternyata pun juga masih ada banyak hal buruk yang tidak diketahui oleh banyak orang, termasuk bagi para ibu muda masa kini yang belum memiliki banyak pengalaman dalam hal merawat bayinya, termasuk hal mengganti popok dengan cara yang benar dan tepat.

Meskipun dalam hal mengganti popok bayi terlihat sangatlah mudah, namun ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin seperti hal yang ada di bawah ini:

  1. Gantilah popok dengan rutin atau berkala, karena bayi tidak akan mampu bertahan lama dalam pemakaian popok, bayi akan mudah mengompol atau buang air besar.
  2. Berikan popok yang bersih dan kering, pastikan bahwa kondisi popok yang nantinya akan di pakai terhindar dari segala kotoran atau kuman yang menempel.
  3. Persiapkan segala perlengkapan, misalnya seperti baskom air, kapas, waslap. Ketika Anda membersihkan bagian kemaluannya, maka pastikan bahwa Anda membersihkannya dengan bersih, gunakan kapas jika Anda kesulitan membersihkan bagian samping-samping kemaluan dengan menggunakan baby oil.
  4. Jika sudah selesai, maka sebelum mengganti dengan popok yang baru, pastikan bahwa kemaluan serta pantat bayi sudah kering sempurna, Anda dapat mengeringkannya dengan waslap kering atau dengan handuk.
  5. Jika kemaluan dan pantat bayi sudah kering sempurna, maka segeralah ganti popok yang bersih dan kering.

Meskipun cara dalam hal mengganti popok pada bayi bisa di katakan mudah dan simpel, namun sayangnya hal ini sering kali di abaikan para masyarakat khususnya bagi orang tua yang masih baru menjadi orang tua. Hal sekecil ini memang sering kali dianggap sepele, namun pada kenyataannya apabila hal ini di abaikan, maka dapat berdampak buruk pula pada kondisi bayi Anda.

Penggunaan popok bayi yang salah dan tidak benar pun juga akan berdampak buruk pada bayi, khususnya pada bagian kulit bayi yang masih lunak dan lembut. Sedangkan pada biasanya penggunaan popok pada bayi yang tidak benar pun juga akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. oleh sebab itulah agar kulit bayi Anda tidak mengalami masalah, maka tetapi perhatikan dari segala hal yang ada, meskipun popok ini dianggap sebagai hal yang sepele.

Be the first to comment on "Tips Mengganti Popok Bayi dengan Cara yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*