Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Memiliki seorang bayi merupakan anugerah yang tidak terkira bagi para orang tua. Orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, mulai dari memberikan tempat terbaik, hingga asupan gizi yang terbaik. Kenyamanan dan kesehatan si bayi merupakan harapan utama para orang tua. Salah satu cara untuk menjaga agar bayi tetap sehat adalah memperhatikan lingkungannya, terutama kamar bayi. Bayi akan lebih sensitif terhadap lingkungannya dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan bayi dengan cara memperhatikan lingkungannya.

Perhatikan Suhu Ruangan

Ketika janin sedang berada di dalam kandungan, suhu di dalam rahim cenderung terjaga. Namun ketika bayi sudah lahir, bayi harus menyesuaikan dengan kondisi ruangan, oleh sebab itulah bayi yang baru lahir biasanya diletakkan di inkubator agar bayi dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Ketika bayi sudah keluar dari inkubator, maka orang tua harus memperhatikan suhu ruangan agar bayi bisa nyaman. Hawa yang terlalu panas akan membuat bayi gerah, dan ketika merasa tidak nyaman bayi akan langsung menangis sebab satu-satunya ekspresi yang bisa ditunjukkan oleh bayi adalah menangis.

Jagalah suhu ruangan agar tetap normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tidak disarankan untuk menggunakan alat pengatur ruangan seperti AC/ air conditioner. Sebaiknya, sirkulasi ruangan tempat bayi akan dirawat/ kamar bayi haruslah terjaga dengan baik, misalnya dilengkapi dengan jendela dan perputaran udara dapat berlangsung dengan baik.

Perhatikan Kebersihan Ruangan

Selain suhu ruangan, kebersihan ruangan juga harus diperhatikan demi menjaga kesehatan bayi. Bersihkanlah debu di seluruh bagian kamar bahkan ketika si ibu sedang dalam masa kehamilan. Selain debu, pastikan bahwa kamar juga bersih dari kuman dan bebas dari jentik nyamuk. Lakukanlah penyemprotan dengan obat anti nyamuk sebelum bayi dimasukkan ke dalam kamar. Nyamuk dan lalat dapat dijadikan sebagai alat ukur dan pendeteksi paling mudah apakah lingkungan tersebut sehat atau tidak. Jadi ketika di dalam kamar banyak ditemukan nyamuk dan lalat, maka kamar atau ruangan tersebut bukanlah tempat yang kondusif bagi bayi.

Memperhatikan Hal-hal Kecil

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bayi lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa, termasuk juga betapa sensitifnya kulit bayi terhadap benda-benda di sekitarnya. Jika menggunakan pakaian yang terlalu kasar, misalnya, akan langsung membekas pada kulit bayi. Kulit bayi memang sangat sensitif, terkena gesekan sedikit akan langsung tergores dan menimbulkan bekas pada kulit. Oleh sebab itu, perhatikan hal-hal kecil yang berada di sekitar bayi, mulai dari bantal, kasur, alas tidur, dan lain sebagainya.

Kesehatan bayi bukan hanya ditunjang oleh asupan gizi yang diberikan oleh orang tua, melainkan juga dari faktor eksternal seperti lingkungan dan kondisi sekitar tempat bayi tinggal. Oleh sebab itu, menjaga lingkungan merupakan salah satu hal mendasar yang harus dilakukan agar bayi selalu sehat dan berkembang dengan baik.

 

Be the first to comment on "Tips Menjaga Kesehatan Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*