Tips Merawat Bayi Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Jika dibandingkan orang dewasa, bayi lebih mudah terserang penyakit. Hal ini karena system imunitas atau kekebalan tubuh bayi belum terlatih. Ada beberapa tips merawat bayi yang bisa Anda aplikasikan agar ia tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga tubuhnya tetap bersih, seperti mandi minimal dua kali sehari (pagi dan sore) membuat tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari kuman atau kotoran yang menjadi penyebab penyakit. Ajari anak sejak dini membiasakan mencuci tangan  sebelum makan, sesudah makan, setelah bermain, setelah memegang binatang piaraan. Ajari mereka cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun.

Asupan Makanan dan Minuman Sehat

Badan yang sehat tergantung asupan nutrisi yang sesuai dengan usia dan pertumbuhannya. Nutrisi yang baik bukan hanya sekedar meningkatkan tumbuh kembangnya namun bisa menjadi daya tahan tubuh tetap terjaga. Artinya berikan bayi makanan yang mengandung nutrisi  dengan kandungan gizi dan vitamin yang cukup, lengkap dan seimbang.

Jam Tidur Cukup

Tips merawat bayi agar terhindar dari penyakit adalah mengatur jam tidurnya. Fungsi tidur adalah memberikan waktu pada tubuh untuk mengembalikan staminanya setelah seharian beraktivitas termasuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh agar setelah bagun tidur tubuhnya tetap aktif dan segar bugar. Anak yang kurang tidur rentan sakit, contohnya karena staminanya berkurang ia menjadi rentan tertular flu. Jadi, pastikan anak cukup jam tidurnya sesuai dengan tahap usianya.

Baca Juga:Cara Merawat Bayi yang Demam Tanpa Obat

Biasakan Tubuhnya Bergerak Aktif

Bergerak aktif saat bermain sama halnya seperti sedang berolahraga. Tubuh anak yang selalu bergerak dapat memacu metabolisme tubuhnya agar tetap dalam keadaan normal. Manfaat lainnya adalah salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan system kekebalan tubuhnya.

Jemur Badan Saat Pagi Hari

Sudah bukan rahasia lagi sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya anak-anak, jemur badan di pagi hari penting dilakukan orang dewasa, orang yang sudah tua. Sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tulang lebih kuat. Waktu yang tepat adalah  kurang lebih sekitar 10 s/d 15 menit. Sebaiknya lalukan sebelum jam delapan pagi, saat udara masih segar dan belum terkontiminasi asap polusi.

Istirahat Jika Sakit

Jika anak sakit, misalnya terkena demam kondisikan agar tidak banyak beraktivitas. Pastikan asupan nutrisinya cukup dan berikan jus atau sayuran agar cepat sembuh. Periksakan ke dokter dan berikan obat sesuai dengan anjuran dokter.

Itulah beberapa tips merawat bayi agar tidak mudah terkena penyakit yang bisa Anda coba lakukan. Merawat kesehatan dan kebersihan bayi sudah merupakan kewajiban semua orang tua. Anda tidak perlu khawatir seiring perkembangan dan pertumbuhan si kecil maka system imunnya semakin berkembang sehingga bayi sudah tahan terhadap serangan penyakit. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*