Tips Merawat Bayi Baru Lahir Mulai Dari Tali Pusar Hingga Kulit Kepala

Bayi yang baru lahir memerlukan perawatan khusus yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan telaten. Hal ini memang bukan hal yang mudah apalagi bagi mereka yang baru menjadi orang tua. Namun tidak perlu khawatir dan takut berlebihan, karena dengan mengetahui cara yang tepat dan benar, merawat bayi yang baru dilahirkan bisa ditangani dengan mudah.

Merawat Tali Pusar

Merawat tali pusar bayi yang baru dilahirkan harus benar-benar diperhatikan karena mudah terkena infeksi. Apabila tali pusarnya belum putus jangan sampai terkena air, jika sudah terlanjur terkena air keringkan dengan cotton buds atau kain kassa yang steril. Jangan bubuhi pangkal tali pusar dengan cairan atau ramuan apapun.

Memberi alkohol dan penutup tali pusar sudah tidak dianjurkan lagi. Perawatannya cukup menggunakan air matang dan membiarkan tali pusar terbuka. Namun usahakan tetap dalam kondisi kering. Kebanyakan bayi tali pusarnya akan putus 1-2 minggu setelah kelahiran, namun ada juga yang lebih cepat atau lebih lama.

Mata

Di atas mata bayi terdapat sumber air mata, setiap per 3 detik sumber air mata tersebut akan mengeluarkan air mata kemudian mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat dengan hidung. Bayi yang baru dilahirkan belum pernah menangis jadi sumber air mata belum diproduksi dan salurannya masih tertutup. Jadi kadang terbuka lalu menutup lagi akibatnya air mata yang seharusnya mengalir jadi tergenang.

Merawat bayi bagian mata perlu dilakukan pemijatan di sekitar area sudut mata menggunakan jari (kuku jangan panjang) pijat dengan lembut dari arah mata ke bawah menuju arah hidung. Lakukan pemijatan 5-10 kali, selama 2 minggu. Dengan demikian saluran air mata akan terbuka dan berfungsi.

Masalah mata bayi yang baru dilahirkan lainnya adalah suka muncul tahi mata. Cara mengatasinya dengan kapas yang steril dibasahi air matang.

Kulit

Kulit bayi baru lahir sangat sensitive dan rentan bagi kuman. Perawatannya bsia dengan dimandikan sehari sekali. Gunakan perlengkapan mandi khusus bayi yang berguna membantu kesehatan kulitnya.

Untuk mencegah terjadinya biang keringat bisa dengan mengatur temperature ruangan kamar bayi senyaman mungkin. Selain itu pakaikan bayi dengan pakaian yang bahannya mampu menyerap keringat dengan baik dan adem.

Kulit Kepala

Cradle crap atau kerak di kulit kepala bayi menjadi masalah yang menjengkelkan tapi tidak berbahaya. Masalah kerak pada kepala disebabkan akibat debu dan polusi. Cara mengatasinya bisa dibersihkan dengan air matang (setelah diberi obat dari dokter.

Bisa juga menggunakan baby oil kurang lebih 10-15 menit didiamkan, lalu pijat dengan lembut. Jangan membersihkan dengan cara menggosoknya keras-keras karena bisa menyebabkan kulit kepala bayi terluka. Sebenarnya kerak yang menempel pada kulit kepala akan hilang sendiri.

Merawat bayi memang membutuhkan pengetahuan dan telaten agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Baru Lahir Mulai Dari Tali Pusar Hingga Kulit Kepala"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*