Tips Merawat Bayi Cerdas

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua untuk menjaga dan merawat bayinya dengan sebaik mungkin. Orang tua harus memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya sesuai dengan kemampuannya masing-masing agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Setiap hal yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya, terutama bayi yang berusia di bawah lima tahun, akan sangat mempengaruhi proses perkembangannya. Salah dalam merawat bayi akan membuat bayi dapat terhambat atau lambat perkembangannya. Hal-hal yang substansial seperti pemilihan jenis makanan, asupan gizi, bahkan hingga mainan bayi akan sangat berdampak pada tumbuh dan kembang bayi. Berikut ini akan dibahas tentang kiat-kiat merawat bayi dan hal-hal yang dilakukan oleh orang tua yang ingin memiliki bayi cerdas.

Baca juga: Makanan Bayi yang Bisa Mencerdaskan Otak

Memperdengarkan Musik Klasik Sejak dalam Kandungan

Musik klasik dipercaya dapat menstimulasi perkembangan bayi, bahkan sejak masih di dalam kandungan. Tidak heran jika ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk mendengarkan musik-musik klasik atau ayat suci, sebab irama musik klasik sejalan dengan ritme detak jantung bayi. Selain bermanfaat untuk menslimulasi tumbuh kembang bayi, terutama tumbuh kembang otaknya, musik klasik juga dapat menenangkan bayi yang sedang rewel sehingga akan lebih tenang.

Memperkenalkan pada Warna

Ketika bayi mulai memasuki usia satu bulan dan sudah mulai mendeteksi gerakan atau bahkan bulai bisa melihat secara sempurna, perkenalkanlah bayi kepada berbagai warna dengan cara memilihkan benda-benda berwarna-warni untuk diletakkan di sekitar bayi. Misalnya, bantal berwarna mencolok seperti merah, hijau, dan biru, atau mainan berwarna pelangi. Bayi cenderung lebih menyukai benda-benda yang berwarna-warni dan berwarna mencolok dibandingkan benda yang hanya satu warna. Memperkenalkan bayi pada warna sejak sedini mungkin juga akan menstimulasi tumbuh kembang otak anak.

Jangan Membentak atau Menyalahkan Bayi

Setiap bentakan atau bantahan kepada anak-anak, khususnya bayi yang sedang berkembang, akan menghancurkan ratusan sel otak yang sedang dalam proses perkembangan. Otak manusia terdiri dari jalinan sel-sel yang dapat tumbuh dan berkembang berdasarkan stimulasi yang diperolehnya. Jika anak atau bayi dibentak, ratusan bahkan ribuan sel yang sedang berkembang dan membentuk jalinan tersebut akan rusak, sehingga potensi anak untuk tumbuh menjadi bayi cerdas akan semakin mengecil. Oleh sebab itu, biasakan untuk berkata baik kepada bayi, jangan membentak atau membantahnya ketika mereka melakukan kesalahan.

Memilihkan Mainan dan Tontonan yang Tepat

Mainan yang tepat juga akan menstimulasi perkembangan otak bayi sehingga bayi tumbuh menjadi bayi cerdas. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia bayi, baik dari segi ukuran, bobot, maupun jenis kelamin mainan. Jangan memberikan boneka perempuan pada bayi laki-laki, sebab akan mengganggu perkembangannya secara psikologis. Pilihkan pula tontonan yang tepat yang sesuai dengan umur bayi, misalnya dengan memutarkan video lagu-lagu anak-anak yang berbahasa Indonesia, sebab memutarkan tontonan yang berbahasa asing akan menghambat bayi untuk berbicara.

 

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Cerdas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*