Tips Merawat Bayi Saat Berada di Perjalanan Jauh Agar Tetap Nyaman dan Tidak Rewel

Tips Merawat Bayi Saat Berada di Perjalanan Jauh Agar Tetap Nyaman dan Tidak Rewel

Melakukan perjalanan jauh terutama dengan alat transportasi darat bagi orang dewasa mungkin bisa menjadi hal yang biasa. Namun lain halnya dengan bayi yang terpaksa ikut orang tua naik mobil, bus, atau kereta untuk melakukan perjalanan panjang. Bayi akan gampang merasa terganggu akibat bisingnya suara di sekitar ataupun goncangan yang terjadi selama perjalanan. Untuk itu, orang tua harus memperhatikan kenyamanan sekaligus kesehatan bayi selama di perjalanan agar ia tenang dan bisa ikut menikmatinya. Berikut ini adalah tips merawat bayi saat akan diajak bepergian jauh agar tetap nyaman dan senang:

 Tips Merawat Bayi Saat Berada di Perjalanan Jauh Agar Tetap Nyaman dan Tidak Rewel

  • Bawa alas tidur.

Bayi akan menghabiskan harinya dengan tertidur. Hal ini baik untuk pertumbuhannya sehingga tidur bayi yang pulas tips merawat bayi harus diusahakan dengan maksimal. Di perjalanan, sebaiknya Anda membawa alas tidur untuk tempat tidur bayi yang empuk dan nyaman. Meski Anda harus menggendongnya selama di perjalanan pun, sediakan alas gendong yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi. Jika perlu lengkapi dengan bantal dan selimut untuk menghangatkan badan bayi dan melindunginya dari gigitan serangga.

  • Sediakan susu siap saji.

Jika bayi masih dalam tahapan asi eksklusif maka ibu harus memompa asi terlebih dahulu dan menyimpannya dalam botol khusus. Bawalah juga penghangat susu bayi yang bisa Anda gunakan untuk menghangatkan susu yang telah disediakan sebelumnya. Jumlah susu sebaiknya mencukupi untuk kebutuhan selama perjalanan. Bawalah juga pompa asi jika sewaktu-waktu bayi memerlukan susu tambahan.

  • Baby car seat.

Jika menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan dan bayi Anda sudah bisa duduk dengan sempurna, bawalah juga baby car seat dimana Anda bisa mendudukkan bayi saat ia tidak tidur. Dengan begitu bayi bisa melihat keadaan sekeliling sehingga dapat menikmati perjalanan. Namun pastikan Anda memakaikan sabuk pengaman dan sabuk pengait car seat dengan benar agar posisi bayi dan kursi mininya tetap aman selama di perjalanan.

  • Kasur mobil.

Menggunakan mobil pribadi akan lebih nyaman ketika membawa bayi bepergian dalam jarak jauh. Anda bisa menyiapkan kasur mobil yang sesuai untuk diaplikasikan pada kabin belakang mobil. Dengan begitu, kondisi dalam mobil akan tidak jauh berbeda dengan kasur yang digunakan bayi di rumah. Meski begitu, menempatkan bayi pada kasur mobil juga memiliki resiko karena tak ada sabuk pengaman yang menjaga posisi bayi. Selalu dampingi bayi saat Anda menidurkannya di kasur mobil. 

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Itulah beberapa tips merawat bayi dalam perjalanan untuk Anda yang ingin membawa buah hati bepergian. Ada baiknya sebelum membawa bayi bepergian jauh, Anda melakukan konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu apakah bayi Anda dalam kondisi prima untuk melakukan perjalanan jauh. Meski hanya duduk atau tiduran di kasur mobil, guncangan yang kerap terjadi saat berkendara bisa mempengaruhi kesehatannya termasuk angin dan lingkungan di perjalanan.

 

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Saat Berada di Perjalanan Jauh Agar Tetap Nyaman dan Tidak Rewel"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*