Tips Merawat Bayi Terbaik Namun Sederhana yang Bermanfaat Besar

Sebagai orangtua yang sebentar lagi akan menyambut kehadiran buah hati yang sudah lama dinantikan tentu sudah melakukan banyak persiapan. Persiapan ini merupakan bagian dari bagaimana orangtua memberikan perawatan terbaik kepada buah hati. Perawatan yang diberikan menjadi bukti kasih sayang, dan tidak melulu berhubungan dengan finansial. Ada beberapa tips merawat bayi yang sederhana dan mudah untuk menunjukkan kualitas kedua orangtuanya dalam pengasuhan.

 Perawatan Sederhana Namun Terbaik yang Bisa Diberikan

 Sebagai orangtua kadang Kita dihadapkan pada kondisi keuangan yang tidak menentu, sehingga pemberian kasih sayang kepada buah hati sering mengalami benturan. Misalnya pembuktian kasih sayang dengan menyediakan semua perlengkapan bayi dengan kualitas terbaik. menyediakannya tentu akan menyita lebih banyak biaya, padahal perawatan terbaik tidak selalu berhubungan dengan seberapa banyak perlengkapan bayi yang bisa disediakan. Ada beberapa bentuk perawatan terbaik yang bisa dilakukan semua orangtua dan menjadi bukti mereka menyayangi buah hati, diantaranya:

  •  Memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang,

Mendukung tumbuh kembang si kecil memang tidak akan memerlukan banyak perlengkapan bayi, mereka hanya sebagai sarana bantuan saja. Kasih sayang Kita untuk menunjukkannya bisa dilakukan dengan hal sederhana namun bermanfaat besar bagi masa depan si kecil. Salah satunya dengan memenuhi nutrisi seimbang si kecil setelah lahir sampai ia dewasa dan mampu hidup mandiri. Pemenuhan nutrisi disesuaikan dengan rentan usia anak atau bayi, mulailah dengan memberikan ASI, kemudian makanan pendamping ASI, dan terus berkembang.

Baca Juga : Kiat Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

  •  Merawatnya dengan kasih sayang,

Semasa bayi, buah hati akan membutuhkan perhatian kedua orangtuanya sehingga ada banyak tips merawat bayi yang perlu dipraktekkan secara langsung. Orangtua perlu bersabar dalam merawat si kecil, mulai dari memberi makan, memandikan, memeriksakan ke dokter jika sakit, dan lain sebagainya. Menunjukkan kasih sayang sebagai orangtua bisa dilakukan dengan merawat si kecil dengan sabar penuh perhatian. Ketika bayi atau buah hati sudah beranjak dewasa sebaiknya pula tidak suka membentak atau bahkan memukul si kecil.

  •  Mengajarinya untuk menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat,

Setelah melewati masa balita dan masuk ke dunia sekolah, maka anak-anak justru semakin membutuhkan perhatian orangtuanya. Perawatan selanjutnya yang bisa diberikan ialah membantu mereka untuk lebih siap menghadapi dunia sekolah. Siapkan jadwal khusus untuk belajar si kecil sehingga lebih memahami materi pelajaran yang diajarkan tadi siangnya. Selain itu orangtua juga bisa memperkenalkan anak kepada les tambahan usai jam pelajaran sekolah.

  •  Memperhatikan setiap prestasi yang berhasil ditorehkan,

Anak-anak juga memerlukan perhatian lebih ketika mereka sudah menunjukkan kemampuannya baik secara akademik maupun non-akademik. Orangtua penting sekali memberikan pengarahan dengan baik dan tepat supaya prestasi anak semakin berkembang. Biarkan mereka menekuni bidang yang memang mereka sukai dan mereka bisa melakukannya. Hindari memaksakan keinginan orangtua sebab ke depannya prestasi anak tidak akan dinikmati oleh anak itu sendiri.

 Apa yang dilakukan oleh orangtua nantinya akan ditiru oleh anak-anak, sebab orangtua merupakan teladan pertama dan utama. Berikan contoh yang baik maka anak-anak pun akan mengikuti contoh Kita, dan sebaiknya diberikan sejak dini. Kenalkan anak-anak dengan dunia dan lingkungan sekitar sekaligus dengan saudara dan keluarga sehingga paham kasih sayang. Mencoba semua atau beberapa tips merawat bayi dengan baik dan berlanjut sampai mereka dewasa akan memberikan manfaat bagi pelakunya. Sebab anak sendiri merupakan investasi jangka panjang di dunia maupun akhirat.

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Terbaik Namun Sederhana yang Bermanfaat Besar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*