Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Kehadiran bayi bukan saja menguras tenaga bahkan emosional, namun juga menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan sebagian orang tua baru yang baru dianugrahi seorang bayi. Banyak orang tua, terutama yang baru memiliki anak kebingungan dalam merawat bayi yang baru lahir. Merawat bayi yang baru lahir diperlukan trik dan tips merawat bayi dengan baik dan tepat.

Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Tips merawat bayi harus betul-betul diperhatikan dan harus dipelajari sebagai orang tua baru agar lebih cepat mandiri dalam merawat bayi. Berikut ini beberapa tips merawat bayi yang dapat terapkan untuk keseharian anda.

  • Jaga kebersihan dan keamanan bayi

Bayi yang baru lahir tentu saja akan mudah terkena virus jika disekitar tempat bayi kotor. Jagalah kebersihan tangan saat hendak memegang atau menggendong bayi yang baru lahir sebaiknya biasakan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuk si kecil agar dia terhindar dari serangan kuman atau virus yang dapat membahayakan kesehatan buah hati anda. Pada saat menggendong berhati-hatilah terutama bayi yang baru lahir cara anda dalam memegang bagian leher, dan kepala bayi. Pada saat menggendong bayi sebaiknya posisikan dengan betul dan senyaman mungkin jangan pernah mengguncang-gungkan bayi saat hendak membangunkan atau menenangkannya, dikarenakan dapat menyebabkan peredarahan dan otak bayi akan mengalami tekanan yang seharusnya tidak dialami oleh bayi.

  • Memandikan

Tips yang kedua adalah cara memandikan, cara memandikan adalah salah satu tips yang banyak dialami oleh kedua orang tua baru kebingungan pada saat hendak memandikannya. Dikarenakan memandikan bayi juga tidak boleh sembarangan diperlukan tips khusus yang tepat. Jangan memandikan bayi sebelum tali pusar kering atau copot cukup anda memandikan dengan waslap yang telah dicelupkan pada air dengan tingkatan sedang. Setelah bayi pusar copot anda baru boleh memandikannya dengan sampo dan sabun yang didesain khusus untuk kondisi kulit bayi. Pada saat setelah memandikan bayi sebaiknya keringkan bayi terlebih dahulu dengan handuk yang bertekstur halus yang sesuai atau yang memang dikhususkan untuk bayi.

  • Menganti popok

Tips yang ketiga adalah saat  mengganti popok. Sebaiknya anda harus mengganti popok kurng lebih 10 kali dalam sehari. Saat mengganti popok tidak boeh dilakuka asal-asalan akan tetapi juga diperlukan trik yang benar, jika anda sebagai orang tua baru alangkah lebih baiknya anda belajar menggantikan popok dengan orang yang sudah ahlinya misal belajar dengan kedua orang tua anda. Mintalah bantuan orang lain yang sudah ahli merawat anak perhatikan dengan baik agar anda juga dapat mandiri untuk mengganti popok bayi anda.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Memberi susu

Umumnya memberikan susu pada bayi sebanyak 8 hingga 15 kali susu dalam sehari. Ini dikarenakan kapasitas perut bayi masih kecil.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tips merawat bayi yang baru lahir. Semoga beberapa tips tersebut dapat bermanfaat untuk anda.

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*