Tips Merawat Bayi yang Sulit Tidur

Dikaruniai seorang anak merupakan anugerah yang patut disyukuri oleh setiap orang tua. Anak harus dijaga dan dirawat dengan baik agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, khususnya bayi, akan sangat ditentukan oleh cara pengasuhan oleh orang tua. Setiap keputusan yang diambil oleh orang tua kepada bayinya akan sangat mempengaruhi perkembangan bayi, mulai dari perkembangan fisik hingga perkembangan otak. Namun bagi orang tua, merawat bayi seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali hal-hal baru yang mungkin membingungkan orang tua terkait bayinya, mulai dari bayi yang rewel dan kebiasaan yang mencemaskan lainnya.

Salah satu kekhawatiran orang tua akan bayinya yang sering dialami adalah ketika bayinya sulit tidur. Seringkali, bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan, yaitu ketika memasuki usia dua bulan hingga lima bulan, pola tidur bayi biasanya akan berubah bahkan menjadi tidak teratur. Hal ini tentu akan mencemaskan orang tua. Selain harus menyesuaikan dengan jam istirahat bayi yang tidak menentu, orang tua tentu cemas jika bayinya sulit tidur. Berikut ini adalah beberapa tips merawat bayi yang sulit tidur.

Baca juga: Tips Merawat Bayi Terbaik Namun Sederhana yang Bermanfaat Besar

Diajak Jalan-jalan

Sepanjang hari, bayi akan lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur dalam keadaan berbaring. Hal ini akan membuat bayi tidak nyaman, terutama jika terus-menerus berada di tempat tidur. Jika tidak nyaman, biasanya bayi cenderung akan rewel bahkan sulit tidur. Agar bayi menjadi nyaman dan tertidur, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya jalan-jalan, misalnya dengan menggendongnya ke luar rumah mencari udara segar atau bahkan mengajaknya jalan-jalan dengan naik motor, tentu saja dengan menggunakan jaket atau selimut yang tebal.

Dijemur di Pagi Hari

Seringkali, bayi sulit tidur di malam hari karena mengalami disorientasi waktu. Bayi memang cenderung belum mengenal waktu, sehingga bayi akan tidur sesukanya, tidak peduli siang atau malam. Jika banyak tidur di siang hari, tentu bayi akan sulit tidur malam. Salah satu cara untuk mengenalkan waktu kepada bayi adalah dengan cara menjemurnya di pagi hari. Selain bagus untuk bayi dan menghindarkan bayi dari penyakit kuning, menjemur bayi di pagi hari juga sehat untuk kulit bayi, baik untuk perkembangan bayi, dan membiasakan bayi untuk belajar membedakan waktu siang dan malam.

Melumuri Bayi dengan Teh Hangat

Cara alternatif yang bisa dilakukan jika bayi sudah sulit diatur waktu tidurnya adalah dengan memanfaatkan teh. Cara merawat bayi dengan menggunakan teh cukup mudah. Siapkanlah teh hangat yang kental atau kehitaman tanpa gula. Tunggulah hingga hangat. Jika teh sudah hangat (tidak membuat kulit kepanasan ketika disentuh), lumurkanlah air teh kental tersebut ke sekujur punggung bayi. Punggung bayi akan keluar bulu-bulu kehitaman yang kasar. Biasanya, setelah keluar bulu kasar tersebut, bayi akan mudah tertidur.

 

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi yang Sulit Tidur"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*