Tips Merawat Bayi yang Tepat Pada Bagian Tali Pusat dan Kulit Bayi

Tips Merawat Bayi yang Tepat Pada Bagian Tali Pusat dan Kulit Bayi

Merawat bayi merupakan hal yang penting saat bayi sudah lahir karena bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa. Seorang ibu tentunya harus menjaga kebersihan bayi selalu dan selalu membuat nyaman bayi dalam setiap kesempatan. Bayi yang bersih dan sehat akan membuat bayi bertumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki kebahagiaan tersendiri bagi bayi. Sebagai ibu yang memiliki tugas lebih terhadap bayi tentunya harus memiliki pengetahuan yang cukup karena membersihkan bagian tertentu bayi haruslah sangat berhati-hati karena sangat sensitif terhadap hal-hal yang belum biasa.

Tips Merawat Bayi yang Tepat Pada Bagian Tali Pusat dan Kulit Bayi

Salah satunya saat merawat tali pusat bayi karena merupakan daerah yang sangat mudah terkena infeksi dan sangat sensitif sehingga sangat perlu diperhatikan oleh para ibu. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketikan merawat tali pusat ini diantaranya:

  • Apabila tali pusat bayi belum putus dan terkena air, terutama jika saat bayi sedang dimandikan pastikan segera dikeringkan dengan kain kasa atau cotton buds yang steril.
  • Pangkal tali harus tetap dijaga kebersihannya dan jangan menggunakan bahan-bahan lainnya.
  • Jika ada faktor yang tidak dapat ditangani tetap lakukan perawatan dengan perbaikan dan perhatikan setiap tanda-tanda gejala adanya infeksi.
  • Saat merawat tali pusat bayi gunakan air yang sudah matang dan tali pusat tetap terbuka, hindari menggunakan alkohol dan menutup tali pusat bayi.

Beberapa hal diatas sangat penting diperhatikan untuk merawat bayi terutama pada tali pusat bayi karena area ini sangat penting. Merawat dengan cara yang benar akan membuat bayi tetap nyaman dan sehat. Merawat baby dengan cara yang benar juga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak terganggu dan berkembang dari hari ke hari. Sebagai ibu bekali diri dengan browsing di internet atau mencari video terkait merawat tali pusat bayi dengan cara benar dan kenali beberapa potensi infeksi yang memiliki kemungkinan dapat menyerang bayi.

Berikut adalah cara merawat kulit bayi diantaranya:

Baca Juga Hindari Kesalahan Merawat Bayi yang Masih Sering Dilakukan Ibu Baru Kebanyakan

  • Mandikan bayi minimal sekali sehari karena bayi belum dapat tahan terhadap dingin. Alternatif memandikan bayi adalah dengan mengusap bayi dengan was lap yang dibubuhi sabun bayi.
  • Pastikan sabun bayi mengandung pro-vitamin B5 untuk menjaga kesehatan kulit, nyaman dan tetap memastikan kulit tetap halus.
  • Gunakan baby oil dengan vitamin E untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan tetap menjaga kelembapan kulit.

Dengan menggunakan baby oil pada kulit akan membuat bayi lebih aman dan jauh dari kulit lecet. Selain itu juga tetap gunakan bedak kandungan pro-vitamin B5 untuk mengatasi biang keringat dan kulit tetap halus dan lembut. Untuk tetap menjaga kulit bayi usahakan tempat bayi memiliki ventilasi udara baik dan menggunakan ac dalam suhu tertentu supaya tidak mudah mengalami biang keringat ini cara merawat bayi dengan benar.

 

 

Be the first to comment on "Tips Merawat Bayi yang Tepat Pada Bagian Tali Pusat dan Kulit Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*