Tips Merawat Boneka Bayi Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Salah satu mainan favorit anak-anak khususnya anak perempuan adalah boneka bayi. Ada banyak jenis boneka yang dijual dipasaran, ada yang bentuknya seperti manusia, bayi, hewan, tokoh-tokoh kartun dsb. Boneka biasanya dijadikan mainan spesial yang dikoleksi oleh anak perempuan.

Selain itu boneka bayi seringkali dijadikan hadiah untuk diberikan pada moment-moment tertentu. Sebenarnya tidak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang menyukai dan mengoleksi boneka. Agar boneka selalu dalam kondisi terlihat baru, awet dan tahan lama maka salah satu cara yang wajib dilakukan adalah melakukan perawatan dengan benar dan rutin berkala. Untuk lebih jelasnya simak ulasan cara merawat boneka pada umumnya berikut ini:

Lihat Keterangan Di Labelnya

Perlu Anda ketahui setiap tipe dan jenis boneka berbeda-beda cara merawat dan membersihkannya. Ada jenis boneka yang hanya boleh dicuci menggunakan tangan, ada juga yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Untuk mengetahui dengan pasti apakah boneka yang Anda atau buah hati Anda koleksi boleh dicuci menggunakan mesin cuci atau tidak adalah dengan melihat di label yang biasanya terdapat di boneka atau kemasan saat membeli boneka. Selain cara mencuci, biasanya diberikan informasi juga mengenai cara pengeringan yang benar dan berapa maksimal suhu yang digunakan untuk proses pengeringan.

Mencuci Boneka

Jika boneka boleh dicuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya hindari mencuci boneka bersamaan dengan pakaian. Pemisahan tersebut tujuannya adalah agar terhindar dari noda akibat terkena luntur yang berasal dari warna pakaian maupun dari boneka itu sendiri. Pastikan saat dicuci tidak ada bagian boneka yang sobek.

Mengeringkan Boneka

Jika di label tidak terdapat keterangan yang menjelaskan cara mengeringkan boneka, sebaiknya Anda tidak memaksakan mengeringkannya menggunakan pengering yang ada di mesin cuci. Cek kembali bahan yang digunakan boneka, apakah bahannya boleh dikeringkan menggunakan pengering atau tidak. Jika boneka terbuat dari bahan kain sebaiknya hindari mengeringkannya menggunakan mesin karena bisa membuat boneka menyusut dan cepat rusak.

Jika tidak boleh menggunakan mesin pengering, cara mengeringkannya bisa dengan cara diangin-anginkan. Pastikan tempat untuk menjemurnya bebas dari debu dan kotoran. Selain itu, hindari menjemur boneka di bawah sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan warna boneka menjadi luntur.

Nah dengan mengetahui cara perawatan boneka bayi yang benar diharapkan dapat masuk ke tahapan bagaimana cara mencuci dan mengeringkan boneka dengan benar sesuai dengan jenis dan bahan boneka tersebut. Memiliki boneka yang bersih bukan hanya indah dilihat namun baik untuk kesehatan karena tidak menempel debu yang dapat memicu alergi dan sarang penyakit. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be the first to comment on "Tips Merawat Boneka Bayi Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*