Tips Mpasi Dengan Bahan Alami Buah-Buahan yang Bisa Anda Olah Sendiri

Setelah usia bayi Anda genap enam bulan, kini saatnya Anda memperkenalkan makanan sehat yang alami. Membahas tips mpasi tidak hanya menentukan jenis makanan apa yang sehat, namun juga bagaimana cara pengolahannya dan memberikan gizi dan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya.

Pada dasarnya memberikan makanan tambahan pada bayi adalah untuk memenuhi kebutuhan akan gizi dan nutrisi yang diperlukan leh tubuhnya. Untuk itu perhatikan jenis-jenis makanan apa saja tepat diberikan. Pemberian Mpasi harus dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari makanan dengan tekstur yang cair, kemudian kental sampai akhirnya ke jenis makanan padat. Hal tersebut dilakukan agar sistem pencernaan bayi masih sangat rentan dan lidahnya baru adaptasi dengan jenis dan rasa makanan baru.

Ada banyak jenis Mpasi dengan kandungan nutrisi yang baik dan terbukti aman diberikan. Adapun kandungan makanan yang dibutuhkan adalah zat besi, beragam vitamin, mineral, folat, seng, dan kandungan lainnya yang berguna membantu tumbuh kembang bayi.

Saat ini sudah banyak makanan tambahan cepat saji yang tersedia di supermarket atau di toko online, namun sebaiknya Anda terlalu sering memberikan si kecil makanan cepat saji. Tidak ada salahnya Anda membuat sendiri Mpasi di rumah. Makanan alami lebih sehat, higienis dan tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna yang bisa mengganggu fungsi kerja sistem pencernaan, ginjal, dan liver. Anda bisa memberikan makanan tambahan cepat saji jika dalam kondisi tidak memungkinkan membuat makanan sendiri, misalnya jika sedang berada di luar rumah.

Berikut adalah tips Mpasi dari bahan buah-buahan yang bisa Anda coba jadikan makanan tambahan beserta penjelasan cara mengolahnya:

Buah-Buahan

Buah-buahan adalah pilihan pertama Mpasi karena termasuk jenis makanan yang mudah dicerna. Saat awal pemberian makanan tambahan Anda bisa mengencerkan buah yang digunakan menjadi pure cair. Secara bertahap Anda bisa menambah kekentalan pure sesuai dengan kepekaan dan keterampilan makan bayi.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

  • Jenis-jenis jeruk: jeruk keprok , jeruk baby, jeruk orange

Cara mengolahnya: diperas lalu disaring

  • Pepaya, avokad, melon, semangka, jambu biji merah, Mangga.

Cara mengolahnya: terlebih dahulu buah dikupas lalu dihaluskan menggunakan blender. Bisa dibuat jus ditambah air lalu disaring.

  • Pir, apel merah

Cara mengolahnya: dikupas, dibuang bijinya lalu dihaluskan menggunakan blender. Awal pemberian buah pir atau apel bisa dengan cara dikukus agar teksturnya lebih lembut.

  • Pisang ambon

Cara mengolahnya: dikupas, dihaluskan dengan blender atau bisa dengan cara dikeruk menggunakan sendok.

Bahan Makanan Tambahan Lainnya: Sayur-sayuran dan Sumber makanan hewani

Setelah buah-buahan, Anda bisa memberikan Mpasi dengan bahan sayuran seperti: bayam, wortel, tomat, brokoli, kangkung, buncis, kacang polong, kembang kol, dan makanan sumber pati seperti beras putih, beras merah, ubi jalar, jagung, makroni, roti, dan labu kuning.

Selain itu tips mpasi bahan lainnya adalah memberikan makanan sumber protein hewani  dan nabati. Sumber protein hewani, seperti daging ikan, ayam, sapi, telur, hati ayam, dan sapi. Sedangkan sumber protein bisa Anda dapatkan dari tempe, kacang hijau, tahu, kacang merah, kacang hijau, dan keju.

Be the first to comment on "Tips Mpasi Dengan Bahan Alami Buah-Buahan yang Bisa Anda Olah Sendiri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*