Tips MPASI Pertama untuk Bayi 6 Bulan

Setelah 6 bulan bayi hanya mengkonsumsi ASI, maka tiba saatnya bayi akan mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Saat akan masuk hari pertama MPASI, biasanya para ibu akan mengalami rasa gugup dan khawatir si buah hati tidak mau mengkonsumsi MPASI yang disajikan. Oleh karena itu, untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Berikut ini adalah tips MPASI pertama untuk bayi 6 bulan:

  1. Tenang dan Tersenyum

Hal pertama yang harus dilakukan oleh ibu ketika memberikan MPASI adalah tetap tenang dan tersenyum. Sikap ini untuk menyalurkan energi positif pada bayi sehingga bayi mau membuka mulut dan makan MPASI pertamanya. Apabila ibu terlihat cemas, ini juga bisa menyebabkan bayi ikut cemas. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tenang dan selalu tersenyum.

  1. Berikan Olahan Beras

Untuk percobaan pertama, bisa dengan memebrikan olahan beras seperti nasi yang dihaluskan kemudian disaring menggunakan saringan kawat. Tekstur yang cair ini akan lebih mudah dikonsumsi oleh bayi, baru kemudian berikan makanan dengan tekstur yang lebih padat.

  1. Jangan Marah

Apabila bayi belepotan dan berantakan ketika makan, ibu tidak boleh marah karena bayi pun butuh proses. Untuk menghindari rumah atau badan bayi yang kotor bisa dengan memasang celemek pada bayi serta mengalasi tempat bayi makan dengan plastik.

  1. Pelan-Pelan

Ajari anak makan secara perlahan, biarkan ia makan dengan caranya sendiri, hal ini agar bayi bisa mengeksplore kemampuannya dalam hal menggenggam makanan, serta mengunyah makanan. Selain itu juga agar si buah hati bisa memahami kapan ia merasa kenyang.

  1. MPASI Pertama adalah Pengenalan

Jangan merasa khawatir atau kesal jika bayi hanya makan sedikit MPASI di hari pertama, hal ini karena MPASI hari pertama merupakan pengenalan dimana bayi akan memahami tekstur dan rasa makanan selain air susu ibu.

  1. Terus Latihan

Pada awal-awal MPASI, biasanya makanan bayi akan sering keluar, hal ini karena bayi butuh waktu untuk menelan makanan dengan mendorong lidah ke belakang, dikarenakan biasanya bayi lebih sering mendorong lidah ke depan saat menyusu.

  1. Campur dengan ASI

Tips MPASI selanjutnya agar bayi lebih mudah beradaptasi dengan jenis makanan baru, maka campur makanan dengan ASI sehingga bayi tidak yang sudah terbiasa merasakan ASI tidak akan menolak.

  1. Biarkan Si Kecil Menyentuh Makanan

Si Kecil biasanya penasaran dengan apa yang diberikan padanya, oleh karena itu tak ada salahnya untuk membiarkan si kecil menyentuh makanan yang diberikan padanya. Meski nantinya akan berantakan, akan tetapi ini berguna untuk membuat bayi lebih suka dengan apa yang dikonsumsinya.

Itulah beberapa tips MPASI yang bisa dicoba ketika memberikan makanan pertama pada bayi ketika berusia 6 bulan. Cara ini selain bisa membuat bayi mau makan, juga membuat bayi mengenal makanan yang dikonsumsinya.

Be the first to comment on "Tips MPASI Pertama untuk Bayi 6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*