Tips MPASI saat Mudik dan Travelling

Bayi yang sudah berusia 6 bulan tentunya butuh makanan pendamping asi atau yang lebih dikenal dengan MPASI. Saat menjalani MPASI ini, adakalanya orangtua mengajak si kecil pergi mudik atau pergi travelling ke luar kota. Oleh karena itu, orangtua harus mempersiapkan segala macam kebutuhan si kecil yang sedang menjalani MPASI. Pelajari tips-tips MPASI yang bisa diikuti agar perjalanan mudik dan travelling semakin nyaman dan si kecil pun tidak rewel.  

baca juga: Tips MPASI untuk Working Mom

Perjalanan mudik atau travelling tentunya susah untuk diprediksi. Apalagi jika perjalanan dilakukan dengan moda transportasi darat yang tentunya akan bertemu dengan kemacetan yang lama. Berikut ini adalah tips MPASI yang bisa dilakukan oleh orangtua agar si kecil bisa mengkonsumsi MPASI dengan nyaman ketika melakukan perjalanan.

  1. Jenis Makanan

Untuk mudik atau travelling sebaiknya menyiapkan makanan untuk MPASI yang praktis, seperti misalnya biskuit, roti, keju, atau buah yang gampang dikonsumsi dan dibawa seperti pisang. Bawa makanan yang disukai si kecil, jangan membawa makanan jenis baru yang belum pernah dikonsumsi oleh si kecil, karena suasana ramai ketika mudik atau travelling akan membuatnya susah beradaptasi ketika dikenalkan dengan jenis makanan baru. Oleh karena itu, jangan masukkan menu baru saat melakukan perjalanan. Jika membawa pure, maka bisa bisa membekukan pure sayuran serta kaldu yang difavoritkan si kecil dalam keadaan matang. Akan tetapi jika untuk buah sebaiknya sajikan dalam keadaan buah masih segar.

  1. Porsi Makanan

Bawa porsi MPASI yang cukup selama perjalanan untuk si kecil. Untuk mengantisipasi delay atau kemacetan tak ada salahnya untuk membawa beberapa porsi tambahan. Sebagai gambaran, bayi dengan usia 6-9 bulan, makan 2-3 kali / hari, sedangkan untuk bayi usia 9-12 bulan, makan 3-4 kali / hari.  

  1. Cara Menyimpan MPASI

Selama perjalanan, perhatikan wadah untuk penyimpanan MPASI. Para orangtua bisa menggunakan baby cube dengan ukuran kecil 40 ml supaya mudah dihangatkan. Pilih wadah yang BPA free sehingga aman untuk bayi.

  1. Cara Membawa MPASI

Apabila perjalanan yang dilakukan cukup panjang, bisa membawa cooler bag atau cooler box untuk menyimpan MPASI. Jangan lupa untuk membawa blue ice yang banyak untuk menjaga suhu dalam cooler bag tetap dingin. Makanan yang disimpan dalam cooler box dapat bertahan hingga 7-8 jam, sedangkan makanan yang disimpan dalam cooler bag bisa bertahan 4-5 jam.

  1. Menyajikan MPASI

Apabila ingin menyajikan MPASI, bisa dengan menghangatkan baby cube ke dalam wadah yang diisi air hangat. Orangtua bisa membawa termos berisi air panas, atau berhenti di rest area atau minimarket untuk bisa mendapatkan air panas.

Itulah beberapa tips MPASI ketika mudik atau travelling yang bisa dilakukan oleh orangtua sehingga perjalanan tetap nyaman, dan si kecil pun tenang dan kenyang.

Be the first to comment on "Tips MPASI saat Mudik dan Travelling"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*