Tips Mpasi, Tujuan Dan Manfaatnya

Setelah buah hati Anda memasuki usia enam bulan, sudah saatnya menyiapkan makanan tambahan yang sehat sesuai dengan kebutuhannya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tips Mpasi, khususnya mengenai cara pengolahan makanan khusus bayi dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tujuan Dan Manfaat Pemberian Mpasi

Pada dasarnya memberikan Mpasi tujuannya untuk memberikan kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan efektif dan optimal. Yang harus ibu ketahui, memberikan Mpasi tidak boleh dilakukan sekaligus, namun harus dilakukan setahap demi setahap.

Tahapan pemberian Mpasi diawali dari makanan yang teksturnya cair dan halus. Kemudian baru bisa memberikan makanan yang agak kental sampai pada akhirnya bisa memberikan makanan yang padat. Pemberian makanan secara bertahap tersebut dilakukan agar sistem pencernaan bayi bisa beradaptasi dengan rasa dan jenis makanan baru.

Ada banyak pilihan jenis Mpasi yang mengandung nutrisi yang baik dan sudah teruji aman. Adapun kandungan makanan yang dibutuhkan adalah: beragam vitamin, zat besi, folat, mineral, seng dan kandungan nutrisi lainnya yang berguna untuk tumbuh kembangnya.

Saat ini sudah banyak makanan bayi cepat saji yang tersedia di swalayan, toko konvensional maupun online. Namun sebaiknya hindari memberikan makanan bayi cepat saji. Sebaiknya Anda membuat makanan sendiri di rumah. Selain terbuat dari bahan-bahan alami yang sehat, membuat makanan sendiri harganya lebih murah dibandingkan harus beli makanan cepat saji.

Makanan yang dibuat sendiri lebih higienis, tidak menggunakan bahan pewarna dan pengawet yang dapat mengganggu kerja sistem pencernaan, liver dan ginjal. Anda masih bisa memberikan makanan cepat saji dalam situasi dan kondisi tertentu. Misalnya saat dalam perjalanan dan tidak memungkinkan membuat makanan sendiri.

Mpasi Buah-Buahan

Buah-buahan adalah pilihan pertama bahan Mpasi, karena termasuk ke dalam jenis makanan yang sehat dan mudah dicerna. Pada awal pemberian Mpasi, buah yang digunakan sebaiknya diencerkan dan dibuat seperti pure cair. Kemudian secara bertahap Anda bisa menambahkan kekentalannya. Berikut ini adalah tips Mpasi, cara mengolah buah-buahan berdasarkan jenisnya:

  • Jenis buah jeruk : jeruk baby, orange, keprok.

Mengolahnya dengan cara diperas lalu disaring

  • Pir dan apel merah

Mengolahnya: dikupas lalu dibuang bijinya dan haluskan. Pada tahap awal pemberian Mpasi bisa dengan cara dikukus agar menghasilkan teksur lembut.

  • Pepaya, melon, jambu merah, avokat, semangka, mangga

Mengolahnya dengan cara dikupas, dihaluskan. Bisa dibuat jus dengan diberi tambahan air dan disaring.

  • Pisang Ambon

Mengolahnya dengan cara dikupas, dihaluskan atau bisa dengan menggeruknya menggunakan sendok.

Selain buah-buahan masih ada bahan lainnya yang bisa dijadikan bahan makanan tambahan untuk buah hati, seperti: sayur-sayuran dan sumber makanan dari hewani. Demikian pembahasan singkat mengenai tips Mpasi, semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Tips Mpasi, Tujuan Dan Manfaatnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*