Tips MPASI untuk Mengganti Gula dengan Bahan Alami

Tips MPASI untuk Mengganti Gula dengan Bahan Alami

Gula merupakan bahan yang dapat untuk membuat rasa masakan atau minuman menjadi manis. Walaupun boleh digunakan akan tetapi sebaiknya dikontrol karena bisa menyebabkan beberapa penyakit apabila mengkonsumsi gula secara berlebihan. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang masih diberi MPASI atau makanan pengganti ASI. Ada baiknya MPASI tersebut dibuat dengan bahan yang sehat dan menghindari bahan seperti gula. Karena ada tips MPASI untuk membuat makanan tanpa menggunakan gula dan bisa diganti dengan bahan yang lebih alami dan sehat untuk memberikan rasa manis. Dimana beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk pengganti gula pada makanan pendamping ASI adalah:

Tips MPASI untuk Mengganti Gula dengan Bahan Alami

  • Buah pisang

Bahan pertama yang dapat untuk mengganti gula adalah buah pisang yang terkenal dengan rasa manisnya. Buah pisang ini dapat memberikan rasa manis alami pada makanan bayi sehingga bisa dicampurkan dengan buah ini. Pisang ini juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat cocok untuk perut dan pencernaan bayi yang masih belum kuat. Keunggulan lain dari buah pisang ini adalah dari kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan bayi. Seperti pisang mengandung fosfor, kalium, vitamin A, dan juga asam folat yang dapat membuat bayi tetap sehat.

  • Buah apel

Tips MPASI untuk mengganti rasa manis dari gula selanjutnya adalah dengan menggunakan buah apel. Pilihlah buah apel yang mempunyai rasa manis dan campurkan dengan makanan pendamping ASI yang akan dibuat. Untuk membuat rasa manis tersebut cara yang bisa digunakan adalah dengan memotong apel kecil, direbus, kemudian dilunakkan. Apel tersebut kemudian di blender sehingga dapat mempunyai tekstur seperti bubur. Campurkan olah tersebut pada makanan yang akan dibuat dan bisa menjadi rasa manis alami.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Bayi 6 Bulan untuk MPASI Pertama

  • Buah pir

Buah lainnya yang bisa menjadi pengganti gula untuk makanan pendamping ASI adalah buah pir. Buah pir ini mempunyai banyak kandungan yang berkhasiat untuk pertumbuhan bayi seperti fosfor, kalium, kalsium, dan juga vitamin C. Untuk menggunakannya sebagai tambahan rasa manis alami sendiri dapat dibuat dengan cara yang sama seperti buah apel dan dimasukkan ke dalam makanan pendamping ASI yang dibuat.

  • Wortel

Selain menggunakan buah-buahan manis, tips MPASI untuk mengganti gula dengan bahan alami yang bisa membuat rasa manis adalah dengan wortel. Wortel mengandung banyak bahan yang berkhasiat untuk pertumbuhan bayi dan juga membuat rasa manis pada makanan. Sayur yang satu ini mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang dapat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu wortel juga mempunyai serat yang tinggi sehingga mencegah sembelit pada bayi. Untuk menggunakan wortel sebagai pengganti gula juga bisa diolah dengan cara yang sama dengan buah pir dan apel.

 

Be the first to comment on "Tips MPASI untuk Mengganti Gula dengan Bahan Alami"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*