Tips MPASI untuk Working Mom

Sebagai ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk ketika masa-masa anak berusia 6 bulan dan harus mengkonsumsi MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Untuk menjaga gizi serta higienitas MPASI biasanya para ibu lebih memilih untuk memasak MPASI sendiri di rumah. Memasak MPASI bagi ibu rumah tangga tentunya bukan hal yang sulit, tapi bagaimana untuk working mom yang harus pergi bekerja, namun tetap ingin membuat MPASI sendiri di rumah. Sebenarnya asal ada kemauan, para working mom atau ibu pekerja juga bisa membuat MPASI sendiri. Dan berikut ini adalah tips-tips MPASI yang dapat dilakukan working mom untuk membuat MPASI:

Pemilihan Menu MPASI

Untuk working mom, perlu memilih menu MPASI yang tepat untuk bayi, menu yang tepat di sini adalah ibu bisa memilih menu MPASI yang bahan-bahannya juga digunakan untuk makanan keluarga lainnya, sehingga ketika memasak bisa dilakukan sekaligus atau bersamaan namun dengan wadah yang berbeda. Hal ini untuk menghemat waktu memasak sebelum berangkat bekerja.

Menyiapkan Froozen Food

Working mom bisa menyiapkan frozen food atau makanan beku berupa puree sayur dan buah. Puree ini bisa dibuat seminggu sekali kemudian dibekukan ke dalam freezer dengan menggunakan baby cubes atau kotak khusus untuk menyimpan makanan bayi. Puree beku ini cara penyajiannya cukup dengan dipanaskan, dan pembuatannya pun tak perlu setiap hari, bisa dibuat tiga hari sekali, sehingga menghemat waktu dan makanan tetap terjamin gizinya.

Memasak Menggunakan Slow Cooker

Bagi ibu pekerja, penggunaan slow cooker sangatlah membantu karena memasak menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lama sehingga para ibu bisa melakukan pekerjaan lain atau ditinggal tidur ketika memasak makanan ini. Misalnya untuk sarapan dan makan siang si kecil, ibu bisa memasak menu MPASI pada malam hari sehingga makanan bisa matang sebelum subuh. Sedangkan untuk menu sore hari, ibu bisa memasak lagi menggunakan slow cooker sebelum berangkat ke kantor sehingga masakan akan matang saat siang hari. Meski saat memberikan makanan pada si kecil bisa diwakilkan oleh pengasuh, namun dengan adanya slow cooker ini, ibu juga ikut memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi oleh anak.

Bergabung dengan Komunitas MPASI

Working mom atau ibu pekerja biasanya butuh banyak referensi tentang MPASI yang baik dan sehat sehingga harus sharing dengan ibu-ibu lainnya, apabila tidak bisa bertanya secara tatap muka. Para working mom bisa juga bergabung dengan komunitas MPASI yang ada di media sosial seperti facebook. Dengan bergabung di grup-grup ini tentunya para working mom bisa mendapatkan tips MPASI yang tepat dan bertanya seputar MPASI pada ibu-ibu lainnya.

Itulah beberapa tips MPASI yang bisa dijalankan oleh ibu pekerja atau working mom agar bisa memberikan MPASI yang sehat dan bergizi untuk buah hati tercinta.

Be the first to comment on "Tips MPASI untuk Working Mom"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*