Tips MPASI Yang Sukses Dan Mudah Serta Sehat

Tips MPASI Yang Sukses Dan Mudah Serta Sehat

Memulai untuk memberikan makanan pendamping selain asi adalah hal yang perlu pertimbangan yang tepat karena bukan hanya rasa tetapi juga mengenalkan tekstur makanan. Makan bagi bayi bukan hanya sekedar untuk menambah asupan tapi juga awal mereka untuk mengenali rasa, tekstur dan tentu juga bisa membantu dalam merangsang pertumbuhan bayi. Lantas adakah tips mpasi yang baik dan sukses untuk dijalankan?

Tips MPASI Yang Sukses Dan Mudah Serta Sehat

Karena bayi yang telah berusia 6 bulan tidak akan cukup jika hanya diberikan asi maka penting untuk memberi makanan pendamping meskipun ia menolak. Tips mpasi yang cukup penting adalah dengan memberikannya zat besi karena bayi asi memiliki resiko kekurangan zat besi. Pemberian zat besi sangat penting pada rentan usia 4-12 bulan.

Pemberian zat besi dilakukan dengan memberikan mpasi yang mengandung banyak nutrisi seperti daging merah, ayam, hati, ataupun bayam. Nah dibawah ini akan diberikan beberapa tips mpasi yang mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif agar orang tua tidak sembarangan dalam memberikan makanan pada bayi. Berikut daftarnya :

  1. Pada saat pertama kali memberikan makanan bunda bisa dengan memberikan bubur beras yang sangat lembut. Kenalkan terlebih dahulu makanan pokok yang sudah biasa dikonsumsi di rumah. Bisa dengan beras merah ataupun putih yang penting teksturnya harus sangat lembut.
  2. Cobalah untuk memperkaya rasa pada lidah bayi dengan cara memberikan jenis makanan satu per satu jangan dicampur menjadi satu karena mereka akan sulit untuk membedakan rasa dan teksturnya.
  3. Untuk mempermudah dalam proses makan makanan bisa diberikan dalam keadaan sudah menjadi bubur namun untuk menghaluskannya tidak perlu diblender. Jika ingin mendapatkan bubur yang lembut bisa dengan cara menyaringnya agar vitamin yang dikandung tidak rusak. Khusus untuk daging bisa menggunakan blender karena memang sulit jika hanya disaring.
  4. Untuk memastikan adanya alergi atau tidak sebaiknya bunda berikan jeda pada bayi, makanan tertentu seperti ayam perlu waktu 3-4hari untuk mengenali alergi jadi pada kurun waktu itu jangan memberikan makanan baru seperti telur. Jika terjadi reaksi alergi maka kalian akan sulit untuk menentukan penyebabnya.
  5. Untuk mengenalkan makanan laut sebisa mungkin dimulai jika sudah berusia 1 tahun karena memang jenis makanan ini lebih tinggi dalam memicu alergi dan anak yang sudah umur 1 tahun akan memiliki imunitas yang sudah bagus dan tidak akan mudah mengalami alergi.
  6. Berikan mpasi secara sedikit demi sedikit dan juga berikan frekuensi jangan terlalu banyak dan terlalu cepat.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Nah itu dia beberapa tips mpasi yang sukses untuk dilakukakan , karena makanan adalah hal yang penting maka diperlukan ketelatenan dan kreativitas agar anak tidak mudah bosan dalam serta jadilah ibu yang cerdas untuk memilih makanan.

Be the first to comment on "Tips MPASI Yang Sukses Dan Mudah Serta Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*