Tips Mpasi Yang Terbaik Untuk Bayi

Berikut ini kami akan memberikan inforamasi seputar dunia bayi, yaitu jenis makanan yang dianjurkan untuk bayi sebagai makanan penamping ASI. Tidak sedikit para ibu kebingungan memilih jenis makanan yang sehat dn baik untuk bayi. Apa saja jenis makanan tersebut? simak tips Mpasi berikut ini.

Mpasi Bubur Susu

Bubur susu merupakan jenis makanan bayi yang paling banyak disarankan untuk diberikan. Jenis makanan ini memang baik diberikan karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Tips mpasi pada waktu pertama kali diberikan sebaiknya bubur lebih encer. Hal ini dilakukan agar bayi bisa beradaptasi dengan baik.

Cara membuat bubur susu bayi sangat mudah. Pertama-tama siapkan tepung beras sebanyak 1 sendok makan lalu susu formula sebanyak 200 ml. Larutkan tepung ke dalam susu formula lalu campur hingga merata. Kemudian lanjutkan dengan memasak di dalam panci hingga mendidih dan campuran kedua bahan agak mengental.

Setelah selesai, sebelum diberikan ke bayi saring terlebih dulu agar tepung yang menggumpal tidak sampai diberikan ke bayi. Jika terlalu kental, bisa dicairkan menggunakan ASI, susu formula atau air kaldu.

Mpasi Bubur Susu Kentang

Jenis makanan Mpasi untuk bayi yang kedua adalah bubur susu kentang. Bubur ini cocok diberikan untuk bayi berumur 6 bulan. Susu yang divariasikan dengan kentang ini disarankan agar bayi tidak bosan karena terus menerus mengkonsumsi jenis makanan yang sama.

Cara membuat bubur susu dan kentang ini sangat mudah yaitu: 50 gram kentang yang sudah dikupas, lalu kukus dan potong kecil-kecil. Kemudian sediakan susu formula atau ASI untuk campurannya. Haluskan kentang yang sudah dicampur dengan susu atau ASI. Sama halnya dengan membuat bubur susu, agar tidak menggumpal bisa saring terlebih dulu sebelum diberikan.

Mpasi Bubur Sayur

Selain susu, bayi juga harus diberikan sayuran yang  memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk bayi, salah satunya adalah brokoli. Cara membuat bubur sayuran bahan brokoli sangat sederhana, yaitu:

Siapkan 50 gram brokoli yang sudah dipotong-potong dan dikukus. Lalu campurkan dengan 5 sendok makan susu bubuk formula atau bisa dicampur dengan ASI. Lalu campurkan kedua bahan tersebut menggunakan blender agar lebih halus.

Jenis sayuran yang digunakan untuk bubur bayi tidak selalu harus brokoli. Anda bisa menggantinya dengan jenis sayuran lain atau mengkombinasikannya agar kandungan nutrisinya lebih bervariasi pula.

Memberikan Mpasi pertama pada bayi sebaiknya dalam bentuk jus atau puree. Karena pencernaan bayi masih sangat sensitif dan bayi masih adaptasi teksture dan rasa. Berikutnya bubur bisa divariasikan dengan buah-buahan yang membuat bayi lebih tertarik untuk mencicipinya. Demikian tips Mpasi yang perlu para ibu ketahui, semoga bermanfaat!

 

Be the first to comment on "Tips Mpasi Yang Terbaik Untuk Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*