Tips Perawatan Bayi Baru Lahir dan Merawat Bayi Agar Cepat Gemuk

Tips Perawatan Bayi Baru Lahir dan Merawat Bayi Agar Cepat Gemuk

Ibu ketika baru melahirkan tentunya ibu akan mempersiapkan beberapa hal. Perlengkapan yang disediakan biasanya berupa stroller, baju bayi, popok bayi dan lainnya. Sebagai ibu juga perlu mengetahui perawatan bayi yang benar supaya bayi memiliki tumbuh kembang yang baik dan tidak kekurangan sesuatu apapun. Dalam merawat bayi dilakukan saat memandikannya, menyusui bayi, dan membantu bayi memiliki berat yang bagus.

 Tips Perawatan Bayi Baru Lahir dan Merawat Bayi Agar Cepat Gemuk

Berikut tips merawat bayi baru lahir yang benar diantaranya: 

  • Ingat bahwa bayi mudah mengalami gangguan napas, jangan memberikan benda atau makanan padat yang, perhatikan cara memberi minum yang tepat pada bayi agar tidak tersedak dan keadaan ketidaktahuan ibu sering menyebabkan bayi gangguan napas.
  • Jangan anggap remeh lendir tenggorokan atau flu, segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan karena dalam keadaan lanjut akan membuat lendir pada saluran napas dapat membuat bayi sesak bahkan dapat menyebabkan kekurangan oksigen.
  • Ketahui kebutuhan minum susu bayi, saat memberikan bayi ASI atau susu formula berikan dalam porsi yang cukup. Pemberian minum disesuaikan dengan berat badan bayi dan kekurangan minum akan menyebabkan berat bayi turun.
  • Jangan langsung membaringkan bayi setelah disusui, sebaiknya bayi perlu di sanggah dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi dibanding kaki sambil panggung bayi ditepuk-tepuk hal ini akan membuat bersendawa yang menandakan bahwa susu masuk ke saluran cerna.

Untuk perawatan bayi sebaiknya bayi tetap mengonsumsi ASI secara eksklusif selama 6 bulan, pemberian makanan tambahan dapat cenderung membuat pencernaan bayi terganggu. Tetap jaga kehangatan bayi karena bayi rawan mengalami kehilangan panas tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Jaga bayi dari kondisi demam karena demam akan membuat bayi menjadi kejang, karena apabila terjadi kejang akan mempengaruhi kelistrikan dari saraf-saraf serta dapat merusak saraf. 

Berikut adalah tips merawat bayi cepat gemuk diantaranya: 

  • Pertimbangkan kemungkinan bayi menerima susu formula, hal ini terjadi saat bayi tidak dapat mencerna ASI dengan baik, beberapa jenis susu dapat membantu memperbaiki pencernaan bayi yang bermasalah, membuat berat badan bayi cepat meningkat dan membantu perkembangan kecerdasan otak bayi.
  • Berikan waktu tidur tepat untuk bayi, pertimbangkan bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur yang banyak, pertimbangkan bahwa ruangan dan tempat tidur bayi nyaman untuk bayi sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak dan pertimbangkan bayi tidur di tempat yang aman.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Untuk perawatan bayi cepat gemuk dengan menenangkan bayi untuk pertumbuhan bayi karena jika bayi mulai menangis sebaiknya mengayun bayi supaya membantu bayi lebih tenang. Jika bayi sangat rewel karena merasa tidak nyaman maka berbagai hal indah dan peluk dan memutar beberapa lagu atau suara apapun yang disukai oleh bayi.

 

Be the first to comment on "Tips Perawatan Bayi Baru Lahir dan Merawat Bayi Agar Cepat Gemuk"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*