Tips Perbanyak ASI Agar Kebutuhan Bayi Tercukupi

Makanan bayi yang baru lahir adalah ASI. Air Susu Ibu ini sangat penting agar seluruh kebutuhannya tercukupi. Bayi yang baru saja lahir belum membutuhkan tambahan cairan atau makanan lainnya sebagai pemenuh kebutuhan bayi. ada berbagai macam cara yang sebaiknya dilakukan oleh ibu. Menurut penelitian, memberikan Air Susu Ibu secara eksklusif di enam bulan pertama akan memberi manfaat yang dapat dirasakan hingga jangka panjang. Selain memperbesar kemungkinan resiko alergi, bayi yang diberi Air Susu Ibu akan lebih sedikit terkena penyakit seperti saluran napas bawah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak air susu seperti memberikannya secara terus menerus. Di beberapa minggu pertama ia lahir, jadwal pemberian Air Susu Ibu biasanya belum dapat teratur. Walaupun demikian, Anda bisa memberikan Air Susu Ibu kapan saja bayi memerlukannya. Anda bisa memberikan Air Susu Ibu kira-kira 2 jam sekali karena bayi yang baru saja lahir minum hingga 12 kali sehari. Bayi yang lahir harus dibutuhkan untuk diberi Air Susu Ibu jika pemberian Air Susu Ibu terakhir telah lebih dari 2 jam.

Kedua, melakukan istirahat yang cukup serta menghindari cemas. Istirahat sangat penting agar bisa menstabilkan produksi ASI. Anda bisa mengatur jadwal tidur semisal bila bayi sedang tidur, Anda bisa ikut tidur. Istirahat pun dapat dilakukan sembari bersantai dengan bayi maupun mengurangi kegiatan yang berada di luar rumah. Sebisa mungkin hindari cemas. Anda tidak perlu merasa cemas akan kekurangan Air Susu Ibu. Selama sehat secara fisik atau mental dan selalu mengkonsumsi makanan sehat, Anda bisa memperbanyak Air Susu Ibu.

Ketiga, kelola stress dengan baik. selama menyusui, usahakan mengelola stress dengan maksimal, stress mungkin tidak akan mengurangi produksi air susu, namun stress bisa menghambat proses keluarnya air susu. Anda bisa meminta bantuan suami untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah, atau meminta pertolongan anggota keluarga lain jika memerlukan bantuan untuk merawat bayi. semuanya dilakukan untuk meringankan beban sehingga bisa menyusui dengan tenang dan maksimal.

Pada dasarnya, makanan yang Anda konsumsi sekarang akan diberikan pada buah hati melalui ASI, oleh sebab itu selama masa menyusui eksklusif, Anda membutuhkan tambahan asupan kalori mencapai 500 kalori per harinya. Sebenarnya Anda tidak perlu mengkonsumsi beberapa makanan untuk memperbanyak Air Susu, yang diperlukan sebenarnya ialah mengkonsumsi camilan serta makanan sehat agar bisa menjaga kualitas air susu. Kelompok makanan ini seperti serta, protein, makanan bertepung serta susu. Untuk buah dan sayur disarankan mengkonsumsi paling tidak 5 porsi sehari agar mendukung penambahan cairan di dalam tubuh. selain melakukan cara yang sudah disebutkan di atas, mengkonsumsi berbagai macam makanan juga harus dilakukan agar memperbanyak air susu.

 

 

Be the first to comment on "Tips Perbanyak ASI Agar Kebutuhan Bayi Tercukupi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*