Tips Pilih Kereta Bayi yang Aman dan Nyaman

Tips Pilih Kereta Bayi yang Aman dan Nyaman

Kereta bayi atau yang dikenal dengan stoller saat ini sudah semakin banyak digunakan sebagai alat bantu para ibu. Meskipun terkesan membantu, namun keamanan harus menjadi perhatian utama dibanding dengan faktor yang lain.  Stoller bisa digunakan untuk bayi usia 3 sampai 4 tahun. Banyak pilihan kereta yang ada di pasaran. Biasanya, setelah sampai di toko, para orang tua akan bingung, mana stoller yang harus mereka beli. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan ketika membeli stoller.

Tips Pilih Kereta Bayi yang Aman dan Nyaman

Perlengkapan kanopi

Pilih stoller yang memiliki kanopi dan bisa melindungi buah hati dari angin, sinar matahari serta hujan. selain itu, pilih stoller yang mudah dilepaskan sehingga lebih mudah dibersihkan.

Sesuaikan dengan kondisi khusus buah hati

Contohnya, stoller untuk anak kembar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. stoller ini memiliki berat 2X dibandingkan dengan kereta bayi tunggal. Bila membutuhkan stoller yang mudah digerakan, pilih kereta yang ada di posisi depan dan belakang.

Tempat untuk menaruh kaki

Hindari kereta bayi yang memiliki tempat menaruh kaki yang memisahkan antara kaki kiri dan kanan. Lebih baik pilih stoller yang memiliki tempat kaki tak terpisah, agar menghindarkan kakinya terperangkap di antaranya.

Kursi yang bisa disesuaikan

Baca Juga : Cara Merawat Kereta Bayi dengan Tepat Agar Tetap Awet

Bila stoller dipergunakan untuk buah hati di usia 3 hingga 6 bulan, pastikan kursinya berada di posisi hampir berbaring, karena di usia ini, anak masih belum bisa menopang kepalanya serta duduk dengan sempurna. Di usia ini, posisi kursi berbaring dibutuhkan untuk memberi kenyamanan saat ia terlelap.

Tinggi rendah stoller

Sesuaikan pegangan kereta dengan tinggi badan orang tua. Pastikan pegangan berada di sekitar pinggang. Jika memungkinkan, pilih kereta bayi yang bagian pegangannya bisa disesuaikan. Meskipun, pilihan stoller tersebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan stoller biasa.

Cara stoller bergerak

Pilih stoller yang bisa bergerak lurus. Biasanya stoller yang memiliki roda belakang dan depan yang bisa berputar akan jauh lebih mudah dibelokkan. Coba belokkan dengan menggunakan satu tangan.

Lihat batas berat badan

Biasanya, stoller mempunyai batas berat badan anak yang bisa mempergunakannya. Bila terlalu berat, dicemaskan stoller akan tidak stabil. Hindari menggunakan stoller biasa untuk digunakan pada anak kembar.

Rem yang lebih praktis

Sebagian stoller mempunyai rem yang mengunci roda secara sekaligus, bukan hanya satu roda seperti biasanya. Pilih rem yang mudah digunakan, dan pastikan rem tersebut tidak bisa dijangkau oleh tangan buah hati Anda. Stoller dengan rem ini akan memberi keamanan ekstra ketika melewati jalan menurun.

Biasanya, para orang tua hanya memilih kereta dorong sesuai dengan harga. Padahal, ketika membeli untuk buah hati, bukan hanya harga yang bisa dijadikan sebagai parameter. Pastikan dengan stoller ini mobilitas Anda akan semakin dimudahkan.

Be the first to comment on "Tips Pilih Kereta Bayi yang Aman dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*