Tips Pilih Mainan Bayi 6 Bulan Sampai 1 Tahun yang Tepat

Memilih mainan bayi yang berusia 6 bulan sampai 1 tahun memang dapat menjadi sebuah kesenangan tersendiri khususnya untuk para orang tua. Di usia ini, bermain merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan bisa membangun fisik, mental hingga emosional bayi. pastikan bayi dapat menikmati dengan memberi mainan sesuai tahap perkembangan usianya. Di usia 6 sampai 1 tahun, kemampuan serta pengetahuan bayi meningkat dengan sangat cepat. Mainan yang spesifik seperti boneka yang bisa bernyanyi atau berbicara ketika dipencet malah kurang mendukung imajinasi mereka.

Orang tua sangat disarankan mengutamakan mainan yang bisa membantunya melakukan eksplorasi serta mendukung panca inderanya seperti papan aktivitas. Beri papan aktivitas yang lengkap dengan berbagai macam mainan di atasnya. Mainan ini bisa seperti sesuatu yang menarik minat sehingga ia tertarik memutar, menutup dan membukanya. Aktivitas ini akan melatih koordinasi tangan serta fungsi sensorik pada bayi. pastikan papan ini tidak memiliki kandungan yang berbahaya seperti pia yang bisa menjerat atau bagian kecil yang bisa ditelannya.

Kedua, perlengkapan rumah tangga. Mainan bayi ini menjadi mainan di usia 6 hingga 1 tahunnya yang sangat menarik. beri ia sendok kayu, cangkir pengukur serta mangkok plastik dengan desain dan warna yang menarik. biarkan ia bermain bersamaan dengan Anda yang sedang menyiapkan makanannya. Letakkan perlengkapan ini di temp[at yang mudah di jangkau, selain itu pastikan tidak ada yang membuatnya terjatuh dan menimpa buah hati.

Ketiga, buku. Bola dan boneka. Bola sebenarnya masih menjadi mainan yang menarik. ada berbagai macam cara untuk memainkannya bersama dengan buah hati Anda. Anda bisa menggelindingkan bola ke arahnya dan meminta ia menggelindingkannya kemana pun. Bila usia bayi sudah besar, bermain tangkap lempar adalah aktivitas yang begitu menghibur. Untuk boneka, boneka yang memiliki bentuk hewan atau manusia bisa menjadi variasi yang menyenangkan. Anda bisa memastikan boneka yang Anda berikan tidak terdapat benang, atau tali yang bisa membahayakan keamanannya. Beri boneka yang memiliki ukuran sesuai dengan tubuhnya, sehingga ia akan terasa nyaman memainkannya. Sebaliknya, jangan memberi boneka yang terlalu besar karena bisa membuatnya kesulitan bermain.

Terakhir, kardus bekas. Di usia ini, bayi senang menjelajah dan merangkak. Coba latih imajinasinya dengan memberi mainan berbentuk kardus. Buat kardus menjadi bentuk terowongan. Biarkan bayi menjelajah ke terowongan. Selain gratis, mainan seperti kardus ini juga bisa memberikan manfaat edukatif untuknya agar bisa memuaskan naluri menjelajah yang ia miliki. Anda tidak perlu cemas menemui kesulitan untuk menemukan mainan yang paling tepat karena mainan bayi yang berusia 6 bulan sampai 1 tahun mudah ditemukan di toko mainan mana pun. Coba variasikan mainan yang memiliki sifat edukatif.

 

Be the first to comment on "Tips Pilih Mainan Bayi 6 Bulan Sampai 1 Tahun yang Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*