Tips Pintar Merawat Perlengkapan Bayi Baru Lahir!

Bagi para newborn baby, salah satu hal yang harus dipersiapkan oleh para orang tua adalah perlengkapan bayi baru lahir. Selain pernak-pernik kebutuhan bayi untuk makan, mandi, gendongan dan berbagai macam stroller, hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan kebutuhan baju. Kebutuhan baju merupakan salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus diutamakan karena baju dikenakan bayi setiap harinya. Setelah membeli baju dengan bahan yang nyaman, para orang tua baru juga harus mengetahui cara mencuci baju bayi baru lahir. Selain agar baju bayi nantinya tidak cepat rusak dan berubah warna, baju bayi yang dicuci dengan benar juga tidakakan menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang notabenenya masih sensitif. Agar tak salah dalam cara mencuci baju bayi, berikut adalah tips pintarnya untukmu!

  • Memisahkan baju bayi dengan popok kain

Popok adalah bagian dari keseharian yang tak terpisahkan dengan baju bayi. Sebelum mencuci baju bayi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan baju bayi dengan popok kain, hal ini karena popok bayi mengandung kotoran yang lebih membandel dibandingkan dengan baju bayi sehingga apabila mencucinya dicampur, baju bayi akan kumal dan warnanya memudar karena terkena kotoran popok.

  • Memperhatikan bahan

Setelah memisahkan baju bayi dengan popok, langkah kedua adalah perhatikan bahan baju bayi yang kotor tersebut dan lakukan pencucian terpisah pada bahan yang berbeda. Selain untuk menghindari rusaknya tekstur baju, hal ini juga karena tidak semua bahan baju bayi dapat dicuci dengan mesin cuci. Bahan seperti semi satin contohnya akan rusak apabila mencucinya adalah dengan dicampur dengan baju bayi lain di mesin cuci.

Oleh sebab itu, para orang tua baru dianjurkan untuk membeli langsung baju bayi dan bukan dengan melalui online shop, agar para orang tua baru teliti dan  jeli dengan pemilihan bahan serta tidak salah pilih pada saat membeli baju bayi untuk bayi yang baru lahir. Hal ini karena berpengaruh pada cara perawatan dan kondisi bayi itu sendiri nantinya. Membeli secara online pun sebenarnya diperbolehkan asalkan bahan yang dijual sesuai dengan deskripsinya.

  • Menggunakan detergent khusus

Hal berikutnya yang harus ibu lakukan saat mencuci baju bayi adalah menggunakan detergent khusus. Detergent khusus yang dimaksud biasanya banyak tersedia di toko terdekat maupun di toko online seperti Bukalapak dan lain sebagainya. Dalam menggunakan detergent khusus pakaian bayi, upayakan ibu memilih jenis detergent cair karena jenis detergent ini mudah dibilas dan tidak akan meninggalkan residu bahan sehingga cenderung lebih aman untuk bayi baru lahir.

Dalam mencuci baju bayi, membilas pakaian setelah pencucian puntak boleh sembarangan. Adapun pembilasan yang dianjurkan adalah dilakukan dengan tiga kali proses bilas dengan menggunakan air hangat pada pembilasan pertama, dan air bersih pada pembilasan kedua dan ketiga. Hal ini ditujukan agar bakteri dan sisa detergent benar-benar tidak ada yang tertinggal pada baju. Adapun suhu air hangat yang disarankan untuk pencucian tersebut adalah berkisar antara 30 hingga 35 derajat celcius, dengan pembilasan terakhir adalah air suhu biasa.

Untuk bayi baru lahir, upayakan menghindari konsentrat atau pewangi pakaian saat proses terakhir pencucian. Hal ini karena bahan kimia konsentrat dapat menimbulkan iritasi dan alergi pada bayi ibu. Referensi:https://review.bukalapak.com/mom/demi-cegah-kulit-bayi-iritasi-ini-panduan-mencuci-baju-bayi-baru-lahir-18079

Be the first to comment on "Tips Pintar Merawat Perlengkapan Bayi Baru Lahir!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*