Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas dan Beberapa Larangan untuk Ibu yang Sedang Mengandung

Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas dan Beberapa Larangan untuk Ibu yang Sedang Mengandung

Menurut BKKBN, kehamilan adalah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur yang matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma yang keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh. Ibu hamil diartikan sebagai proses terjadinya kehamilan saat seorang wanita yang membawa embrio dalam tubuhnya, menurut BKKBN. Disebut juga sebagai gravida dan calon bayi yang dikandungnya saat awal kehamilan disebut embrio dan selanjutnya disebut janin ketika kehamilan tiba. Sebagai ibu yang sedang mengandung maka terdapat beberapa hal yang dilakukan supaya bayi yang dikandung cerdas dan beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas dan Beberapa Larangan untuk Ibu yang Sedang Mengandung

Berikut adalah tips untuk membuat bayi cerdas diantaranya:

  • Olahraga dan makan sehat, untuk memberi manfaat pada perkembangan otak janin dan ibu harus secara rutin melakukannya.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu, karena dapat memberi efek samping yang menyebabkan gangguan pada tubuh ibu yang sedang mengandung.
  • Jangan minum alkohol, karena dapat menyebabkan kerusakan pada otak janin dengan plasenta dalam rahim akan tercemar.
  • Jangan merokok atau menghirup asap rokok, karena akan menyebabkan gangguan pada janin dan sebaiknya menggunakan masker ketika berada di lingkungan terbuka.
  • Perhatikan tekanan darah, yang berpengaruh akan kecerdasan janin dan jika tekanan darah terlalu tinggi dapat membuat aliran darah jantung ke janin menjadi kurang efisien.

Selain beberapa diatas, konsumsi juga asam folat atau yang dikenal vitamin B9 yang berpengaruh kesehatan janin. Untuk memenuhi asupan folat biasanya memberikan rekomendasi suplemen asam folat. Konsumsi suplemen minyak ikan berupa Omega 3 DHA/EPA yaitu nutrisi yang penting bagi kecerdasan otak. Berjemur pada pagi hari akan membuat vitamin D tetap terpenuhi selama hamil dan tetap diproduksi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa tips ini perlu diperhatikan oleh ibu hamil supaya janin tetap berkembang dan lahir dengan sehat.

Berikut adalah beberapa larangan untuk ibu yang sedang mengandung diantaranya:

  • Memakai sepatu hak tinggi akan memberi efek ketegangan otot dan menyebabkan sakit punggung, pinggang dan betis.
  • Memakai busana yang ketat dan tidak nyaman akan membuat janin merasa tertekan.
  • Melakukan perawatan tubuh sauna dengan efek bayi kepanasan dalam tubuh ibu.
  • Pikiran tertekan dan stress akan memberi efek pada keselamatan nyawa janin.
  • Memelihara binatang peliharaan dengan efek virus akan masuk pada janin dan mengganggu pertumbuhan janin.

Baca juga Mitos Lucu Hamil Bayi Perempuan yang Sering Menjadi Patokan Masyarakat

Selain beberapa diatas, ada juga melakukan pengobatan alternatif dengan efek keguguran pada ibu. Ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan diet karena janin akan mengalami kekurangan asupan gizi selama pertumbuhan. Hindari juga untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dengan efek lahir cacat atau ibu mengalami keguguran. Beberapa larangan ini perlu diperhatikan supaya ibu dan bayi tetap dalam keadaan sehat.

 

Be the first to comment on "Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas dan Beberapa Larangan untuk Ibu yang Sedang Mengandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*