Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Berat Badan Bayi Bertambah

Memperhatikan tumbuh kembang buah hati merupakan salah satu kewajiban orang tua. Karena hal ini akan sangat menentukan kehidupan dan kemampuan bayi di masa mendatang. Dengan perhatian dan kasih sayang, tahap tumbuh kembang bayi bisa berjalan dengan optimal. Tahap tumbuh kembang bayi terdiri dari tumbuh dan kembang. Untuk tahap tumbuh bisa dilihat dari perubahan fisik yang bisa diukur, seperti berat badan bayi, tinggi badan bayi, dan lingkar kepala. Sedangkan tahap tumbuh bisa dilihat dari kemampuan bayi untuk menggunakan fungsi tubuh dan kemampuan struktur.

Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Berat Badan Bayi Bertambah

 

Normalnya, seiring dengan usia bayi yang semakin bertambah maka berat badan si kecil juga akan ikut bertambah. Ini menjadi indikasi jika pertumbuhan bayi berjalan dengan optimal. Menginjak usia 4 bulan, bayi akan bertambah dua kali lipat berat badannya dari berat pertama kali bayi dilahirkan. Sehingga untuk mendapatkannya, orang tua harus ekstra memperhatikan asupan makanan bergizi dan bernutrisi baik agar si kecil bisa tumbuh sebagaimana mestinya. Selain itu juga harus senantiasa menjaga kesehatan bayi tetap stabil.

 

Menaikkan berat badan bayi memang bukan perkara yang mudah. Karena tak jarang banyak kita temui bayi yang tampak kurus dibandingkan dengan bayi-bayi lain seusianya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti asupan nutrisi tidak seimbang, gangguan kesehatan, tidak cocok dengan asupan makanan yang diberikan, dsb. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berpengaruh buruk pada pertumbuhan yang kurang optimal. Untuk itu, Anda perlu melakukan tips-tips berikut ini agar berat badan si kecil bertambah:

  • Memberikan ASI yang berkualitas.

Untuk bayi yang usianya di bawah 6 bulan, maka cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan ASI eksklusif yang berkualitas. Untuk mendapatkannya, maka sang ibu harus memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang memiliki gizi dan nutrisi baik, seperti dari sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Selain itu, ibu juga harus meminimalisirkan aktivitas yang bisa mengakibatkan stress karena akan berpengaruh pada kuantitas dan kualitas ASI yang dihasilkan.

  • Pemberian MPASI yang terjadwal.

Menginjak usia 6 bulan, bayi sudah diperkenalkan dengan MPASI. Karena di usia ini, kebutuhan nutrisi bayi tidak akan cukup jika hanya dipenuhi dari ASI eksklusif saja. Agar berat badan si kecil tumbuh optimal, Anda bisa memberikan MPASI dengan terjadwal, misalnya 2-3 kali dalam sehari. Untuk porsinya bisa Anda sesuaikan dengan perkembangan usia bayi. Selain itu, perhatikan untuk MPASI yang bernutrisi dan bergizi terbaik agar mendukung pertumbuhannya.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Perhatikan kandungan MPASI yang diberikan.

Sebagai makanan pendamping, pastikan MPASI memiliki komposisi yang diperlukan untuk pertumbuhan berat badan bayi. Pilihlah MPASI yang mengandung nutrisi baik dan lengkap, seperti protein, mineral, zat besi, vitamin, lemak, karbohidrat, dsb. Untuk memastikannya, Anda bisa membuat sendiri MPASI untuk si kecil. Namun jikapun harus memberikan MPASI instan, Anda sudah memperhatikan komposisinya terlebih dahulu. Biasanya pada kemasan akan dicantumkan komposisi MPASI tersebut.

 

Be the first to comment on "Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Berat Badan Bayi Bertambah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*