Travelling Lancar Ibu dan Anak Aman Gunakan Car Seat Bayi

Memakai car seat bayi memang belum terbiasa di kalangan masyarakat umum di Indonesia. Karena harga yang mahal membuat para orang tua mengurungkan niatnya untuk membeli car seat. Car seat sebagai barang safety untuk anak-anak ketika ikut berkendara roda empat. Kebiasaan memakai car seat bagus untuk keselamatan dan kesehatan anak.

Banyaknya kecelakaan yang terjadi saat berkendara disebabkan karena kelalaian manusia itu sendiri. Keamanan kadang tidak diperhitungkan. Masih banyak para pengendara tidak memperhatikan keselamatan mereka. Pemakaian sabuk pengaman, helm, bahkan car seat pun dihiraukan. Masyarakat kurang menyadari sehingga sering dilanggar. Mereka merasa aman ketika sudah menaati rambu-rambu lalu lintas. Padahal belum tentu. Kecelakaan bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Tanpa car seat, bayi bisa mengalami cedera luar biasa bahkan kematian. Saat terjadi guncangan pada saat kecelakaan cedera bisa dialami pada bagian otot, tulang, maupun otak. Benturan keras yang bisa merusak otak akan menyebabkan terganggunya saraf otak, sehingga bisa mengalami kematian.

Manfaat car seat selain sebagai pengaman, car seat membiasakan anak duduk sendiri dengan tenang dan tidak banyak gerak-gerak. Bila anak bisa tenang, maka perjalanan travelling Anda akan nyaman tanpa ada gangguan. Kemungkinan bisa terjadi saat anak banyak gerak, seperti membuka pintu mobil dengan tiba-tiba, atau membuka tombol jendela tiba-tiba. Hal ini malah akan menyebabkan kecelakaan. Namun di balik semua itu, car seat juga bisa membahayakan apabila salah dalam penggunaan dan meletakkannya.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Memilih Car Seat Bayi yang Aman

Memilih car seat bayi harus cermat. Berikut ini tips pintar memilih car seat, di antaranya:

  1. Bayi yang berusia 0 – 2 tahun alangkah baiknya bila si kecil menggunakannya dengan menghadap belakang. Baru setelah si kecil berumur lebih dari 2 tahun boleh menghadapkannya kedepan.
  2. Memilih car seat dengan tingkat keamanan yang sudah diuji dengan review di situs terbaik Anda.
  3. Memeriksa segala hal sebelum membeli, misalnya sabuk masih bagus atau tidak.
  4. Memahami cara pemakaian car seat sehingga kegunaannya bisa dioptimalkan.
  5. Carilah car seat yang multifungsi, bisa dibawa kemana-mana dengan perlengkapan yang maksimal.

Ada 3 jenis standar car seat yang tergantung dengan umur dan kegunaannya, antara lain:

  1. Rear – Facing Car seats.
  2. Convertible Car seats.
  3. Booster Car seats.

Car seats yang memenuhi standar hingga saat ini adalah car seats yang memiliki label ECE R44/03 dan ECE R 44/04 karena sudah memenuhi standar keselamatan menurut The European Test Standard for Child Restrains.

Jenis car seats yang pertama, biasanya cocok untuk anak usia 2 tahun. Bisa menahan bobot sampai 15 kilogram. Pada jenis ini biasanya ada pegangan sehingga fleksibel dan mudah untuk dipasang di mobil atau kereta dorong. Jenis car seats yang kedua, biasanya untuk bayi yang berukuran lebih besar sampai bobot 30 kilogram. Sedangkan pada jenis car seats yang ketiga untuk anak berusia 8-12 tahun. Jenis ini dilengkapi dengan seat-belt protection.

Ternyata sangat penting menggunakan car seat bayi. Hanya saja harga yang mahal menjadi kendala. Sebaiknya cari situs beli online yang menawarkan harga promo atau bisa dibayar dengan sistem angsuran. Jadi semua lapisan masyarakat bisa menggunakannya. Demi keselamatan anak Anda, gunakanlah car seat. Sehingga perjalanan traveling Anda menjadi aman dan menyenangkan.

Be the first to comment on "Travelling Lancar Ibu dan Anak Aman Gunakan Car Seat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*